Cara Mengatasi Pikiran untuk Bunuh Diri: Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan

Cara Mengatasi Pikiran untuk Bunuh Diri: Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan

Cara Mengatasi Pikiran Untuk Bunuh Diri: Pertolongan Pertama Yang Dapat Dilakukan--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.IDBunuh diri atau tindakan untuk mengakhiri hidup adalah situasi kehidupan yang dirasa penuh akan tekanan.

 Keputusan bunuh diri dinilai tragis sebab bunuh diri itu sendiri sebenarnya dapat dicegah. Pikiran untuk bunuh diri dibagi menjadi aktif dan pasif. 

Pikiran yang aktif tentang bunuh diri melibatkan pemikiran yang secara  jelas dan spesifik tentang rencana dan tindakan untuk bunuh diri. 

Sedangkan pikiran pasif, memiliki bentuk yang masih samar namun hal tersebut mengarah pada tindakan untuk mengakhiri hidup.

BACA JUGA:Diduga Bunuh Diri: Mahasiswi Kedokteran Unair Ditemukan Tewas di Dalam Mobil

Ketika pikiran pasif untuk bunuh diri. Kamu akan berpikiran tentang kematian, memikirkan bagaimana cara untuk mati, dan berpikir bahwa kamu tidak pantas untuk hidup, atau bahkan berharap kamu bisa keluar dari kehidupan ini.

Cara mengatasi pikiran bunuh diri yang pertama adalah dengan kamu berkomunikasi dengan orang yang dipercaya.

Orang yang tepat yang dapat mendengarkan dan memberi saran untuk kamu. Setidaknya, orang tersebut mungkin dapat membantu kamu akan berpikir sehat. 

Kamu dapat pergi ketempat yang aman, untuk mencegah tindakan mengakhiri hidup menjadi nyata, paksakan diri kamu untuk pergi ke tempat yang dianggap sekiranya aman. Sebagai contoh, perpustakaan, rumah teman, atau ruang publik.

BACA JUGA:Apa Hukum Orang yang Melakukan Bunuh Diri Menurut Islam, Yuk Simak

Kamu juga bisa mengunjungi tempat nyaman, dan jauhi benda-benda yang dapat melukai mu. Cara agar kamu terhindar untuk melakukan tindakan bunuh diri, adalah dengan cara menyingkirkan benda yang berpotensi mencelakai. Seperti benda tajam, senjata, obat-obatan, atau metode bunuh diri.

Dapat juga meminta bantuan kepada teman atau orang tua untuk menyingkirkan benda-benda tersebut dari pandanganmu. 

Jauhi alkohol dan zat lainnya. Minuman alkohol kerap digunakan sebagai minuman penghilang rasa sakit dan emosi,  namun pada faktanya, alkohol hanya akan memperburuk rasa depresi dan pikiran bunuh diri. 

Kamu dapat melakukan kegiatan jalan-jalan sebentar, memeluk hewan peliharaan mu, dan bernafas metode 4-7-8, hal tersebut dapat membantu kamu untuk tetap bisa berpikir jernih di masa sulit yang sedang kamu rasakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: