Kenapa Indonesia Harus Melegalkan Ganja, ini Alasannya

Kenapa Indonesia Harus Melegalkan Ganja, ini Alasannya

Kenapa Indonesia Harus Melegalkan Ganja, ini Alasannya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.IDGanja sudah legal di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat bahkan di California Ganja dilegalkan untuk rekreasi bagi orang dewasa di Negara Asia ada Thailand yang melegalkannya, bagaimana dengan Indonesia?

Status Ganja di Indonesia

Saat Ini pemerintah Indonesia melarang pembudidayaan, penggunaan maupun peredaran Ganja, Ganja termasuk narkotika golongan 1 di Indonesia sendiri, yang berarti Ganja tidak bisa digunakan bahkan untuk kebutuhan medis.

Hal tersebut karena pemerintah menganggap Ganja berpotensi tinggi menyebabkan ketergantungan dan efek buruk lainnya, tapi tahukah kalian kenapa Ganja harus legal di Indonesia? Mengutip dari sumber Instagram dokter Oscar Darmawan inilah alasannya:

BACA JUGA:Bintang Ternama Korsel Lee Sun Kyun Tersangka Kasus Narkoba, Diduga Menggunakan Ganja

Contoh Kasus

Seorang suami bernama Fidelis dipenjara karena menanam Ganja untuk istrinya yang didiagnosa mengidap syringomyelia (Kondisi terbentuknya kista di dalam sumsum tulang belakang) membaik setelah diberi ekstrak Ganja.

Ada juga kasus seorang ibu bernama Dwi Pertiwi yang terpaksa berhenti memberikan ekstrak Ganja untuk anaknya yang mengidap cerebral palsy dan akhirnya anaknya meninggal, dari dua kasus tersebut menurut dokter Oscar Darmawan Ganja harus legal di Indonesia

“Dari dua kasus inilah menurut saya kita harus mendorong legalisasi Ganja di Indonesia” Ujar dr Oscar Darmawan.

BACA JUGA:Soal Pegawai RS dr Sobirin, Bupati Musi Rawas Tegas, Pasien Dititip di 2 Rumah Sakit di Lubuklinggau

Ganja seringkali dikaitkan dengan citra negatife mulai dari ketergantungan dan overdosis tetapi menurut dokter Oscar Darmawan kemungkinan ketergantungan dan overdosis Ganja sangat kecil.

“Ganja kemungkinan kecil membuat seseorang ketergantungan dibandingkan dengan nikotin, sejauh ini overdosis Ganja bukan berefek mematikan, sebagaimana obat terlarang dari obat sintetis, seperti pil ekstasi dan sabu-sabu” tambah Oscar.

Menurut dokter Oscar juga Ganja sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kronis di dunia medis.

“Ganja sendiri sudah banyak digunakan untuk pengobatan dan terbukti efektif misalnya untuk pengobatan penyakit kronis, kanker, kejang, hingga cerebral palsy, jadi bagi keluarga yang memiliki penyakit tersebut bisa memanfaatkan pengobatan dari tanaman Ganja ini” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: