Hoarding Disorder, Sering Mengumpulkan Sampah, Hati-Hati Tanda Mengalami Gangguan Jiwa

Hoarding Disorder, Sering Mengumpulkan Sampah, Hati-Hati Tanda Mengalami Gangguan Jiwa

Hoarding Disorder, Sering Mengumpulkan Sampah, Hati-Hati Tanda Mengalami Gangguan Jiwa--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Viral di sosial media tentang bapak pemilik in the kost yang memperlihatkan kamar kosan miliknya dipenuhi sampah, ternyata hal tersebut adalah gangguan kejiwaan yang disebut Hoarding Disorder.

Lalu apa itu Hoarding Disorder? Dan apa saja ciri ciri pengidap mengalaminya? Mengutip dari berbagai sumber inilah penjelasan Hoarding Disorder dan ciri ciri terjadinya

Apa itu Hoarding Disorder

Hoarding Disorder adalah gangguan pengumpulan atau gangguan mental yang ditandai oleh perilaku seseorang yang berlebihan mengumpulkan, menyimpan barang-barang, bahkan jika barang-barang tersebut berupa sampah yang tidak memiliki nilai.

BACA JUGA:Daftar Nama Pemenang 25 Pilkades di Muratara

Gangguan ini menyebabkan tumpukan barang yang menjadi sampah, sehingga lingkungan di rumah atau tempat tinggalnya menjadi tidak sehat dan berbahaya.

Ciri Ciri Penderita Hoarding Disorder

1. Kesulitan Membuang Barang

Penderita Hoarding Disorder memiliki kesulitan untuk membuang barang yang sudah tidak berguna bahkan rusak, mereka memiliki ketakutan atau kecemasan yang kuat untuk membuang sesuatu.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 Tanaman Hias yang Tahan Panas, Cocok Ditanam pada Musim Kemarau

2. Sering Menumpuk Barang yang Tidak Perlu

Orang yang menderita Hoarding Disorder sering kali mengumpulkan barang barang yang tidak berguna, barang ini dapat mengambil ruang yang diperlukan untuk menjalani kehidupan sehari-hari serta ruangan menjadi sumpek.

3. Tidak Bisa Menjaga Kebersihan

Para pengidap gangguan ini tidak bisa menjaga kebersihan rumah sehingga tempat tinggal atau rumah mereka menjadi berantakan dan membuat tempat tinggalnya tidak higienis dan berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: