27 Oktober Memperingati Hari Listrik Nasional, Begini Sejarah Masuknya Listrik

27 Oktober Memperingati Hari Listrik Nasional, Begini Sejarah Masuknya Listrik

27 Oktober Memperingati Hari Listrik Nasional, Begini Sejarah Masuknya Listrik --instagram: edo_keboe

LINGGAUPOS.CO.ID - 27 Oktober diperingati sebagai hari listrik nasional. Begini sejarah masuknya listrik, simak ulasan berikut.

Tahukah anda bahwa setiap tanggal 27 oktober diperingati sebagai hari listrik nasional, dan merupakan hari yang istimewa bagi Indonesia.

Hari tersebut adalah momen bagi Negara ini merayakan prestasi dan perkembangan sektor kelistrikan yang telah menjadi tulang punggung kehidupan modern dalam mengisi kemajuan dan pertumbuhan di berbagai bidang di Indonesia. 

Tanggal 27 Oktober 2023 diperingati sebagai hari listrik nasional di indonesia. Hari listrik ini merupakan momentum nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik dan gas semula yang semula dikuasai penjajah Jepang.

BACA JUGA:Pohonnya Berduri, Tanaman Ini Diyakini Bisa Mengusir Jin Kafir, Berikut Manfaat Daun dan Buah Bidara

Nah, oleh karena itu mari kita simak pembahasan sejarah kelistrikan di Indonesia, pengelolaan listrik Negara saat ini, dan pentingnya sumber tersebut untuk masa depan yang berkelanjutannya.

Sejarah Kemunculan Listrik di Indonesia

Mengutip dari laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, peringatan Hari Listrik Nasional bermula dari sejarah perkembangan listrik Indonesia yang dahulu dikuasai oleh pihak penjajah dari Jepang.

Adapun awal sejarah penggunaan listrik di Indonesia, sebenarnya berakar pada akhir abad-19 oleh pihak belanda.

BACA JUGA:Kinerja APBN Wilayah Limatara Sampai Dengan Triwulan III 2023

Pada waktu itu, beberapa perusahaan Belanda yang memiliki pabrik gula dan the di Pulau Jawa, mendirikan pembangkit listrik untuk kebutuhan internal mereka sendiri seperti produksi dan penerangan.

Sehingga untuk menghasilkan listrik, sisa ampas batang tebu digunakan setelah airnya diambil dalam pembuatan gula. Tak hanya itu, perusahaan perkebunan, pelabuhan, dan kereta api, seperti di jalur trem di kota Jakarta dan Surabaya, juga telah lama menggunakan tenaga listrik ini.

Sedangkan, penggunaan listrik untuk masyarakat umum, pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan swasta belanda, NV Nederlands Indische Gas Maatschappij (NIGM) di Jakarta.

Sebelum memperluas operasinya ke penyediaan listrik untuk masyarakat, perusahaan tersebut berfokus pada bisnis gas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: