Hari ini, Kamis 12 Oktober 2023, Hari Museum Nasional, Berikut ini Sejarah Museum Subkoss Garuda Lubuklinggau

Hari ini, Kamis 12 Oktober 2023, Hari Museum Nasional, Berikut ini Sejarah Museum Subkoss Garuda Lubuklinggau

Hari ini, Kamis 12 Oktober 2023, Hari Museum Nasional, Berikut ini Sejarah Museum Subkos Garuda Lubuklinggau--instagram: berlian_susetyo_94

LINGGAUPOS.CO.ID – Hari ini, selasa 12 Oktober 2023 merupakan peringatan Hari Museum Nasional, mengutip dari peraturan pemerintah Nomor 66 tahun 2015, Hari Museum Nasional diperingati pertama kali di tahun 2015.

Visi pertama diadakannya Hari Museum Nasional adalah untuk memperkuat edukasi Sejarah serta menjaga warisan budaya yang dimiliki Indonesia dengan menjaga Museum yang ada di seluruh Indonesia.

Ternyata di Lubuklinggau sendiri ada museum loh, yang bernama Museum Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau.

Kali ini LINGGAUPOS.CO.ID akan mencoba mengali Sejarah museum Subkoss Garuda Sriwijaya di Lubuklinggau sebagai berikut:

Alamat Subkoss Garuda Sriwijaya

Museum Subkoss Garuda Sriwijaya beralamat lengkap di Jl. Garuda No.1, Bandung Kanan, Kec. Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31614.

Sejarah Museum Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau

Kota Lubuklinggau bisa dikatakan salah satu Kota Pahlawan yang ada di Sumatera Selatan dan Indonesia.

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka! Ketahui Cara Daftarnya Serta Insentif yang Diterima

Lubuklinggau pernah menjadi pusat komando Tentara Nasional Indonesia tertinggi di Sumatera Selatan yaitu Sub Komando Sumatera Selatan (Subkoss), pada masa revolusi fisik.

Sehingga kemudian didirikanlah pada 1986, Museum Subkoss Garuda Sriwijaya atas prakarsa dari Gubernur Sumatera Selatan pada masa itu, yaitu Sainan Sagiman. Peresmian museum diadakan pada tahun 1988.

Pada masa sekarang, Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya merupakan sebuah unit museum yang dikelola oleh UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. 

Museum ini dikategorikan sebagai museum khusus yang berkaitan dengan masa perjuangan revolusi fisik mempertahankan kemerdekaan di Sumatera bagian Selatan dengan koleksi terhitung sampai dengan Juni 2021 sebanyak 91 buah, diantaranya arsip foto, dokumen-dokumen, senjata, dan sarana transportasi. 

BACA JUGA:Sejarah Liverpool, Kehebatan Duet Steven Gerrard dan John Arne Riise di The Reds pada Tahun 2000an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: