Suporter Glasgow Celtic Bentangkan Spanduk dan Kibarkan Bendera 'Merdeka Palestina'

Suporter Glasgow Celtic Bentangkan Spanduk dan Kibarkan Bendera 'Merdeka Palestina'

Suporter Glasgow Celtic bentangkan spanduk merdeka palestina.--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Suporter klub Skotlandia Glasgow Celtic mengibarkan bendera Palestina untuk mendukung rakyat Palestina.

Hal itu terjadi saat Celtic menjamu Kilmarnock pada laga Liga Utama Skotlandia di stadion Celtic Park pada Sabtu, 7 Oktober 2023 sehingga menarik perhatian publik.

Bukan hanya karena laga yang dimenangkan Celtic  3-1, tapi juga karena ulah suporter sepak bola Brendan Rodgers.

Pasalnya, dari tribun mereka memajang spanduk yang mendukung kemerdekaan Palestina.

BACA JUGA:Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental, Sayangi Dirimu!

“Free Palestine” dan “Victory to The Resistance” dan “Merdeka Palestina” dan “Kemenangan untuk Perlawanan”.

Itulah yang tertulis dalam tulisan berwarna merah di spanduk berwarna putih. Anda juga bisa melihat bendera Palestina berkibar.

Hal tersebut mencuri perhatian khalayak mengingat di saat yang bersamaan, Hamas meluncurkan serangan ke Israel akibat upaya provokasi dan pendudukannya yang dilakukan terus-menerus di sekitar Masjid Al-Aqsha.

Dilansir dari Glasgow Times, klub Celtic mengecam Tindakan tersebut. Pasalnya, pihak klub tidak ingin Celtic Park digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan demikian. Suara dukungan itu tidak mencerminkan pandangan klub.

BACA JUGA:Hari kesehatan Mental Sedunia, Simak Apa itu Mental Illness atau Kesehatan Mental

"Spanduk yang dipajang di bagian Celtic Park sebelum pertandingan hari Sabtu tidak mewakili pandangan Klub Sepak Bola Celtic dan kami memisahkan diri dari mereka. Kami mengutuk tampilan pesan seperti itu di Celtic Park,” demikian dilansir Glasgow Times.

Lebih lanjut, pihak klub juga menegaskan bahwa Celtic bukanlah organisasi politik, melainkan klub sepak bola.

"Celtic adalah klub sepak bola dan bukan organisasi politik. Salah satu nilai inti kami sejak awal adalah keterbukaan terhadap semua orang tanpa memandang ras, warna kulit, politik atau keyakinan. Itulah sebabnya Klub selalu memperjelas bahwa pesan-pesan dan spanduk-spanduk politik adalah hal yang tidak diterima di Celtic Park, atau pertandingan apa pun yang melibatkan Celtic.”

Bagi Celtic, pada saat banyak orang mengalami kehilangan dan penderitaan, sangat tidak pantas bagi sekelompok individu untuk menggunakan Celtic Park sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu.or.id