Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental, Sayangi Dirimu!

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental, Sayangi Dirimu!

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental, Sayangi Dirimu!--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Hari kesehatan mental sedunia diperingati setiap 10 Oktober. Ketahui cara menjaga kesehatan mental berikut ini. 

Tahukah anda bahwa hari kesehatan mental sedunia atau World mental health day diperingati setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya.

Untuk tahun 2023 ini sendiri dalam rangka memperingati hari kesehatan mental sedunia, menngusung tema ‘Mental health is a universal human right”.

Mengutip dari lamam WHO, bahwa tema kali ini juga diusungkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan mendorong tindakan yang mendukung dan melindungi kesehatan mental setiap orang sebagai hak asasi manusia universal. 

BACA JUGA:DPRD Musi Rawas Gelar Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia

Isu kesehatan mental menjadi sebuah isu penting bagi masyarakat dunia, termasuklah Indonesia, sebab, tidak sedikit masyarakat dari berbagai kalangan usia yang didiagnosis menderita sejumlah jenis gangguan mental. 

Berdasarkan pada catatan Kementerian Kesehatan RI, bahwa angka masalah gangguan kejiwaan yang dialami masyarakat Indonesai mencapai 20 persen.

Artinya, menunjukkan bahwa ada 1 dari 5 penduduk yang memiliki gangguan kejiwaan. Sayangnya, permasalahan ini masih belum dianggap serius oleh kebanyakan orang.

Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Sebab, dalam jiwa yang sehat tentu bisa membuat seseorang menjadi lebih produktif.

BACA JUGA:Hari kesehatan Mental Sedunia, Simak Apa itu Mental Illness atau Kesehatan Mental

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah istilah yang menggambarkan kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang.

Cara seseorang berpikir, merasa dan bertindak sangat dipengaruhi oleh kesehatan mentalnya.

Saat kesehatan mental anda terjaga, maka anda akan lebih mudah dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: