Cegah Dampak Cuaca Panas dengan Beberapa Tips Agar Tubuh Fit

Cegah Dampak Cuaca Panas dengan Beberapa Tips Agar Tubuh Fit

Cegah Dampak Cuaca Panas dengan Beberapa Tips Agar Tubuh Fit--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID – Beberapa hari belakangan, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas dan terik, simak 6 tips agar tubuh tetap fit di tengah cuaca panas.

Berdasarkan catatan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika), suhu yang terpantau di beberapa wilayah berada pada kisaran 24-36 derajat celcius.

Cuaca panas terik ini diduga terjadi karena lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

Selain mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di luar, cuaca panas dan terik juga rentan memicu dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga hilang kesadaran (pingsan).

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca di Wilayah Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara, Rabu 4 Oktober 2023

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhindar dengan baik, selama cuaca panas agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Nah untuk mengetahui beberapa tindakan yang dapat meminimalisir dampak cuaca panas bagi tubuh menjadi penting untuk diketahui, agar tubuh masih bisa beraktivitas dengan maksimal dibawah terik matahari tanpa dada kendala.

Sebagaimana dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman kemenkes.go.id terdapat beberapa tips sehat saat cuaca panas yang perlu diketahui dan dilakukan sebagai berikut:

1. Banyak minum air putih

BACA JUGA:Intip Update Harga dan Review Toyota Raize GR Sport 2023 Two Tone Series

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi.

Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. 

Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh kamu akan tetap terjaga. Hindari juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretic, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

2. Perbanyak konsumsi buah-buahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: