3 Unsur yang Perlu Diperhatikan Agar Bunga Anggrek Tetap Subur, Cek di Sini

3 Unsur yang Perlu Diperhatikan Agar Bunga Anggrek Tetap Subur, Cek di Sini

Bunga Anggrek.-pixabay-

LINGGAUPOS.CO.ID -  Bunga Anggrek (Orchidaceae) merupakan salah satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak.

Spesies ini tersebar luas dari daerah tropis lembab hingga daerah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya terdapat di daerah tropis.

Bunga Anggrek mempunyai bentuk dan warna yang sangat indah. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang gemar mengoleksi tanaman hias tersebut. Namun merawat bunga anggrek agar tetap subur dan berbunga harus dilakukan dengan baik. 

Bunga Anggrek seringkali menempel pada bahan lain, seperti arang, potongan batu bata, sabut kelapa, akar pakis, potongan kulit kayu pinus, batang pohon atau batu. Kehadiran bunga anggrek pasti bisa mempercantik tampilan rumah Anda.

BACA JUGA:KPK Terima CPNS 2023, Apakah Ketika Diterima Langsung Jadi Penyidik, Cek Selengkapnya

Dikutip dari Channel YouTube Indra Tarigan Garden, petunjuk lengkap cara menanam Bunga Anggrek dari awal hingga mekar, indah dan sehat.

Poin penting pertama yakni pemilihan media tanam. Pilihan substrat tanamnya banyak sekali dan sebenarnya kita bisa menggunakan apa saja sebagai media tanamnya karena sebenarnya habitat asli 

Bunga Anggrek tumbuh di pohon, di bebatuan dan di batang. Jadi sebenarnya tidak terlalu penting, ada banyak pilihan, hanya saja pilihan tersebut harus memenuhi kriteria yang cocok untuk media tanam anggrek.

Kriteria utama Bunga Anggrek berukuran besar, Bunga Anggrek tidak boleh menyimpan air terlalu lama atau terlalu banyak karena dapat menyebabkan akar terserang jamur, anggrek akan sakit dan mati.

BACA JUGA:Males Ngantri Memperpanjang SIM, Cukup di Rumah Pakai Aplikasi ini, Yuk Simak

Jadi  banyak sekali pilihannya, sebenarnya kita bisa menggunakan arang lalu kita juga bisa menggunakan pakis cincang, batu bata pecah atau batu bata pecah dan potongan kayu.

Potongan kayunya bisa apa saja, tapi kalau bisa jangan sampai mudah busuk, misalnya kayu kopi,  mahoni atau papan cincang yang bisa diikat, diikat, digantung agar anggrek tumbuh dengan baik.

Ada tiga hal yang perlu kita perhatikan saat menempatkan anggrek: paparan sinar matahari, kelembapan, dan sirkulasi udara tempat kita menanamnya. 

Kelembapan Bunga Anggrek ini biasanya menyukai tempat yang agak lembap, sehingga kelembapan sekitar 50 persen biasanya merupakan kondisi yang paling sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: