Pilkades Belani Muratara, Panitia Pastikan Kondusif, Daftar Pemilih Sudah Diplenokan

Pilkades Belani Muratara, Panitia Pastikan Kondusif, Daftar Pemilih Sudah Diplenokan

Ilustrasi Pilkades-Agung Perdana-LINGGAUPOS.CO.ID

MURATARA, LINGGAUPOS.CO.ID -  Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Belani memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan secara kondusif.

Berkaitan dengan adanya tudingan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang bermasalah, sudah diplenokan dan ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPT).

Hal ini seperti ditegaskan Sekretaris Panitia Pilkades Belani, Jepi Luwantra seperti dikutip dari sumteraekspres.id, Kamis 28 September 2023.

Ia membantah tudingan negatif terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkades Belani.

Ia menegaskan bahwa tudingan tersebut, tidak benar. Karena Panitia telah mengumumkan DPS bersama dengan tambahan DPT untuk Pilkades Desa Belani 2023. 

BACA JUGA:Perkembangan Kasus Adik Bupati Muratara Dilapor ke Polda Sumatera Selatan, Begini Kata Direskrimum

Angkanya, yakni 1.073 pemilh. Angka ini sesuai dengan hasil pendataan yang telah Panitia Desa lakukan.

Karena itulah, Jepi mengecam informasi negatif tersebut dan menegaskan bahwa panitia mematuhi semua aturan yang berlaku.

Dia juga menyarankan bahwa jika ada data yang dianggap tidak benar oleh salah satu calon Kades, hal tersebut sebaiknya dibahas dan didiskusikan bersama Panitia Pemilihan Kepala Desa selama pelaksanaan Tahapan Rapat Pleno Terbuka yang membahas dan menetapkan DPT.

Pihaknya menekankan bahwa dalam pelaksanaan Pilkades, data yang panitia gunakan adalah DPT, bukan DPS. DPS hanya bersifat sementara, sementara DPT adalah data final.

BACA JUGA:DPS Bermasalah, Pilkades Belani Muratara Berpotensi Konflik

Jepi Luwantra juga mengimbau agar pihak-pihak tertentu tidak menggunakan opini yang provokatif untuk mengganggu kondusifitas masyarakat Desa Belani.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Belan, Nadiha, menjelaskan proses Pilkades Belani telah berjalan lancar dan kondusif, termasuk proses pendataan DPS dan DPT.

Nadiha juga mengajak masyarakat di setiap dusun Desa Belani untuk menjaga keamanan dan kedamaian di wilayah mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: