Harus Tau Arti dari Makna Maulid Nabi

Harus Tau Arti dari Makna Maulid Nabi

Harus Tau Arti dari Makna Maulid Nabi --Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.IDMaulid Nabi merupakan hari lahir Nabi Muhammad SAW setiap 12 Rabiul Awwal.

Walaupun Maulid Nabi tidak dirayakan oleh nabi sendiri, namun hari tersebut hingga saat ini dirayakan di sebagian besar negara muslim.

Bahkan, beberapa negara dengan mayoritas Muslim seperti di Indonesia menetapkan Maulid Nabi sebagai hari libur nasional. Lebih lanjut, ketahui makna dan keutamaan dari Maulid nabi berikut ini.

Tujuan peringatan Maulid Nabi yaitu untuk mewujudkan rasa bahagia atas kelahirannya dan menghabiskan hari tersebut dengan merenungkan ajaran Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Ketahui, Sosok ini Orang Pertama Kali yang Merayakan Maulid Nabi

Oleh karena itu, bagi umat islam makna dari Maulid Nabi adalah untuk menghabiskan hari dengan belajar lebih banyak tentang Rasulullah, serta mencari cara untuk memperbaiki diri dengan mempelajari sifat positif dari ajaran-ajarannya.

Pada peringatan Maulid Nabi, umumnya umat islam menjalankan berbagai macam tradisi atau kegiatan. Misalnya dengan memperbanyak sholawat, mengadakan majelis taklim di masjid, dan kegiatan bernilai baik lainnya.

Di Indonesia, Maulid Nabi merupakan salah satu hari penting umat islam. Dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, tiap daerah Indonesia biasanya melangsungkan tradisi perayaan nya masing-masing, seperti tradisi Sekaten di Yogyakarta.

Peringatan terhadap kelahiran Nabi Muhammad SAW ternyata bukanlah tradisi yang ada ketika Rasulullah SAW masih hidup, sebagian sumber menjelaskan bahwa orang yang pertama kali menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi adalah Malik Mudhaffar Abu Sa’id Kukburi.

BACA JUGA:11 Ucapan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Penuh Makna, Cocok Untuk Status IG dan WA

Tahukah kalian Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab yakni Maulid dan Nabi, kata Maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang berarti “Lahir” atau “Kelahiran”, dan Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammad SAW, dari pengertian tersebut dapat dimengerti  bahwa Maulid Nabi sebagai kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan Rasulullah SAW.

Ketika mengadakan acara Maulid Nabi, tentu sangat banyak makna yang dapat diambil untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya terkait 4 sifat terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman bali.kemenag terdapat 4 sifat terpuji Nabi sebagai berikut.

1. Shiddiq

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: