Ketahui, Sosok ini Orang Pertama Kali yang Merayakan Maulid Nabi

Ketahui, Sosok ini Orang Pertama Kali yang Merayakan Maulid Nabi

Ketahui, Sosok ini Orang Pertama Kali yang Merayakan Maulid Nabi--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui sosok orang ini yang ternyata sebagai orang pertama kali yang merayakan Maulid Nabi. Simak informasinya berikut ini.

Perayaan hari Maulid Nabi dimaknai oleh umat muslim sebagai wujud syukur dan mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Perayaan Maulid Nabi sendiri telah menjadi tradisi bagi umat musllim di berbagai belahan dunia hingga saat ini perayaan tersebut masih dilakukan.

Perlu diketahui, ternyata Maulid Nabi tidak dirayakan oleh Nabi Muhammad sendiri. Melankan baru dirayakan setelah beliau meninggal dunia.

BACA JUGA:11 Ucapan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Penuh Makna, Cocok Untuk Status IG dan WA

Lalu, sebenarnya siapakah orang yang pertama kali merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, untuk mengetahui hal tersebut simak artikel ini hingga akhir, ya.

Orang yang pertama kali Merayakan Maulid Nabi

Mengutip dari laman NU Online, diketahui orang yang pertama kali merayakan Maulid Nabi adalah Raja Mudhaffar Abu Sa'id Kuukuburi bin Zainuddin Ali ibn Buktitin, yaitu seorang penguasa Irbil yang ahlus sunnah wal jama’ah.

Hal tersebut sendiri telah tertuang dalam kitab Imam Suyuthi, yang mengatakan:

BACA JUGA:Ribuan Jemaah Hadiri Safari Dakwah Maulid Nabi SAW di Sukarena Musi Rawas, Hadirkan Ustadz Kembar

Artinya: “Orang yang pertama kali mengadakan seremonia (merayakan maulid nabi) itu adalah penguasa Irbil, yaitu Raja Mudhaffar Abu Said Kuukuburi bin Zainuddin Ali ibn Buktitin, salah seorang raja mulia, agung, dan dermawan. 

Ia juga memiliki rekam jejak yang bagus dan dialah yang meneruskan pembangunan masjid al-Mudhaffari di kaki gunung Qasiyun.” (Imam as-Suyuthi, al-Hawi lil Fatawi halaman 182).

Raja Mudhaffar merupakan seorang raja yang pertama kali merayakan Maulid Nabi dengan menjadikannya sebagai program yang meriah, teratur, dan tertib. 

Hal tersebut juga dikatakan oleh Syekh Muhammad bin Ali asy-Syaukani dalam salah satu kitabnya, bahwa orang pertama kali yang mengadakan perayaan maulid nabi yaitu Raja Mudhaffar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: