Permasalahan SSCASN yang Sering Terjadi Saat Mendaftar CPNS dan PPPK, ini Solusinya

Permasalahan SSCASN yang Sering Terjadi Saat Mendaftar CPNS dan PPPK, ini Solusinya

Portal SSCASN--Instagram: sscasn.bkn

LINGGAUPOS.CO.ID- Permasalahan laman SSCASN sering terjadi saat sedang melakukan pendaftaran untuk CPNS ataupun PPPK. Nah apa sajakah permasalahan itu dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan sebuah cara yang ditempuh untuk dapat menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Pendaftarannya dilakukan melalui laman SSCASN, baik untuk CPNS maupun PPPK 2023. Setiap tahun seleksi penerimaan CPNS dan PPPK selalu ramai calon pelamarnya hingga mencapai ribuan orang.

Tahapan pertama bagi calon pelamar CPNS dan PPPK adalah membuat dan mendaftar akun melalui SSCASN, yaitu pada laman sscasn.bkn.go.id.

BACA JUGA:Ini Dia Kisi-Kisi Pertanyaan Wawancara SKB CPNS Kemenkumham

Namun, tidak jarang akan terjadi banyak permasalahan saat sedang mengunjungi SSCASN. Perlu diketahui jika anda gagal melakukan pendaftaran akun pada laman SSCASN 

Maka anda tidak bisa melanjutkan seleksi untuk menjadi ASN. Oleh karena itu LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya berbagai masalah yang sering dihadapi di SSCASN serta solusinya, berikut ini:

Macam-macam Masalah yang Dihadapi saat Mendaftar SSCASN

1. Sistem SSCASN mengalami error karena sedang ramai diakses oleh pelamar CPNS dan PPPK seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:6 Website Resmi Pembelian E-Meterai Untuk Mendaftar CPNS Dan PPPK 2023, Cek Daftarnya!

2. Tidak bisa bebas memilih instansi tertentu karena sudah dikunci sesuai dengan data pelamar terdaftar (bagi PPPK)

3. Jika dibutuhkan formasi 1 orang maka pelamar PPPK hanya bisa mendaftar 1 orang atau 2 orang saja. Selanjutnya sistem akan mengunci formasi tersebut hingga pelamar lain tidak bisa memilih formasi tersebut. 

4. Pelamar PPPK baik instansi induk atau non induk banyak yang mengalami tidak bisa memilih formasi tertentu walau instansi induk karena sistem sering bermasalah bahkan sampai akhir masa pendaftaran. 

5. Ada beberapa formasi yang bisa dilamar oleh pelamar PPPK atau CPNS dari kualifikasi akademik yang lain yang berbeda asalkan bisa memilih formasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: