Anda Sering Gugup? ini 4 Tips Ampuh Atasi Demam Panggung

Anda Sering Gugup? ini 4 Tips Ampuh Atasi Demam Panggung

4 Tips ampuh atasi demam panggung. -Foto: net-

LINGGAUPOS.CO.ID - Demam panggung merupakan istilah untuk menggambarkan rasa cemas dan takut sebelum atau saat tampil maupun berbicara di depan umum. 

Bagi anda yang sering gugup terkesan sepele, demam panggung yang dibiarkan berlarut-larut bisa menurunkan rasa percaya diri dan membatasi kemampuan diri.

Demam panggung tidak hanya dialami oleh pemula, tetapi para profesional juga bisa mengalami hal tersebut saat berbicara di depan banyak orang.

Rasa cemas atau takut sebenarnya normal dialami ketika akan tampil di depan banyak orang yakni saat menjadi pembicara, berpidato, bernyanyi, atau menunjukkan bakat. 

BACA JUGA:Bantah Kudeta Gus Dur Jadi Ketum PKB, Cak Imin: Justru Saya yang Dikudeta

Kondisi ini dikenal dengan istilah demam panggung.

Simak cara ampuh atasi demam panggung, hal ini cocok untuk kamu yang sering gugup.

Demam panggung merupakan istilah yang menggambarkan rasa cemas dan takut sebelum atau saat tampil di hadapan orang banyak.

Demam panggung bisa dianggap sebagai glossophobia, yaitu jenis fobia sosial yang membuat penderitanya selalu takut secara berlebihan.

BACA JUGA:Laki-laki Wajib Tahu, ini 6 Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Cairan Pria

Dilansir dari alodokter, berikut tips ampuh atasi demam pangung yang harus diketahui:

1. Mempersiapkan diri dengan banyak latihan

Misalnya, saat kamu akan berpidato di depan banyak orang, berlatihlah terlebih dahulu di depan cermin atau buatlah catatan pada kertas kecil sebagai panduan.

Meski situasinya berbeda saat di panggung, setidaknya Anda bisa lebih memahami tema pidato dan tidak gugup saat berbicara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber