Pengakuan Yan Belando, Baik Cara Membikin Kunci dan Menjebol Sepeda Motor

Pengakuan Yan Belando, Baik Cara Membikin Kunci dan Menjebol Sepeda Motor

Yan Belando saat dihadirkan dalam pers rilis--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Tersangka Rian Pranata alias Yan Belando (29) dihadirkan dalam pers rilis di Polres LUBUKLINGGAU.

Dalam pers rilis itu, warga Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, mengakui melakukan pencurian sepeda motor.

Ia juga mengakui saat beraksi, membutuhkan waktu yang sangat singkat. Bahkan dalam waktu beberapa detik saja, ia berhasil menjebol sepeda motor.

Yan Belando juga mengaku belajar menjebol sepeda motor di Youtube. Begitu juga cara membuat kunci T, ia dapatkan di Youtube.

BACA JUGA:Ini yang Dilakukan Yan Belando Setelah Beraksi di Lubuklinggau, Bikin Miris

Rian Pranata alias Yan Belando (29) warga Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, sudah 5 kali beraksi di Lubuklinggau.

Setiap sepeda motor yang berhasil dicuri oleh Yan Belando, langsung dibawanya ke daerah Kepala Curup, Rejang Lebong, Bengkulu.

Sepeda motor hasil curian tersebut kemudian dijual di sana. Harganya berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta, tergantung jenis dan merek motor.

Mirisnya, uang hasilnya dipakai untuk foya-foya, dan memakai narkoba sabu bersama rekan-rekannya. Juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Yan Belando Sudah 5 Kali Beraksi, Bahkan di Masjid

Yan Belando nama panggilannya, nama aslinya Rian Pranata (29) warga Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Yan Belando menjadi buronan Tim Macan Sat Reskrim Polres Lubuklinggau. Pasalnya ia diketahui sudah 5 kali beraksi.

Bahkan tidak pilih-pilih tempat, di halaman masjid pun ia lakukan. 

Hingga akhirnya, ia berhasil ditangkap Kamis 24 Agustus 2023 sekitar pukul 15.00 WIB di Kelurahan Siring Agung Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

BACA JUGA:Bandit Spesilias Nasabah Bank Dikeroyok Warga Lubuklinggau, Gagal Beraksi Deh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: