Mulai 2024, Pertalite Dihapus, Diganti Pertamax Green, ini Harganya

Mulai 2024, Pertalite Dihapus, Diganti Pertamax Green, ini Harganya

Mulai 2024, Pertalite tidak lagi dijual, diganti Pertamax Green. --

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Mulai 2024, Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite akan dihapus. Pertalite akan diganti Pertamax Green 92.

Pertamax Green adalah campuran Pertalite dengan etanol. Yang sebelumnya RON 90 menjadi RON 92 setelah dicampur dengan etanol.

Soal harganya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menjelaskan bahwa Pertamax Green 92 ini, masuk Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Sehingga harganya akan ditentukan oleh pemerintah, dengan tetap disubsidi. Namun hingga sekarang belum ada regulasi terbaru, mengenai penetapan harganya.

BACA JUGA:Dahulu Bensin Premium Dihapus, Giliran Pertalite Juga Dihapus, ini Penggantinya

Seperti diketahui mulai 1 Januari 2023 bensin Premium dihapus dan tidak lagi diperjualbelikan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Kini juga beredar informasi, bahwa pada 2024, giliran bensin Pertalite yang akan dihapus dan tidak lagi dijual di SPBU milik Pertamina.

Informasi akan dihapusnya Pertalite ini, seperti disampaikan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Pertalite selanjutnya akan diganti dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) bernama Pertamax Green 92.

BACA JUGA:Masih Ada Tempat Penyulingan BBM Ilegal di Rupit Muratara, AKBP Koko Arianto Wardani Beri Peringatan

Yakni campuran antara Pertalite dengan etanol. Atau bahan bakar RON 90 dengan etanol, yang kemudian menghasilkan Pertamax Green 92.

Pencampuran ini juga sudah dilakukan antara Pertamax RON 92 dengan etanol, yang menghasilkan Pertamax Green 95

“Kami memohon dukungan untuk tahun 2024, kami akan meluncurkan Pertamax Green 92-Pertalite yang dicampur dengan etanol sehingga mencapai oktan 92,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR, Rabu 30 Agustus 2023.

“Jadi, tahun depan kami akan memiliki hanya tiga produk, yaitu Pertamax Green 92, 95, dan Turbo. Kami yakin ini akan memberikan manfaat yang signifikan,” jelasny dikutip dari sumateraekspres.id, Kamis 31 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: