Masyarakat Diminta Waspada ISPA dan Diare Mengancam, ini Tips Kadinkes Lubuklinggau untuk Mengantisipasinya

Masyarakat Diminta Waspada ISPA dan Diare Mengancam, ini Tips Kadinkes Lubuklinggau untuk Mengantisipasinya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Memasuki musim kemarau masyarakat Lubuklinggau diminta waspada terhadap penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan Diare mengancam.

Sejak awal Agustus 2023 hingga saat ini kemarau di Kota Lubuklinggau belum juga diguyur hujan deras, sehingga debu dan polisi udara memperburuk keadaan. 

Masyarakat juga sudah mulai mengeluhkan gejala ISPA yang mulai menyerang. Selain ISPA, diare juga menjadi ancaman kesehatan di musim kemarau seperti sekarang ini. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi, didampingi Koor Sub Substansi Program, Informasi dan Humas, Adeki Supriadi membagikan tips pencegahan atau antisipasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar tidak terserang ISPA dan Diare. 

BACA JUGA:Mudah dan Praktis, ini Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online Melalui Handphone

BACA JUGA:5 Cerita Si Pahit Lidah, Pernah di Lubuklinggau dan Musi Rawas, Nomor 1 Ada Hubungan dengan Kerajaan Majapahit

"Dalam londisi kemarau seperti saat ini tubuh rentan dehidrasi yang berdampak pada daya tahan tubuh," katanya.

"Kami menghimbau kepada masyarakat banyak minum air putih merupakan salah satu cara untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, terserang ISPA dan Diare," ungkapnya. 

Dikatakannya, banyak makan sayuran dan buah juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menjaga sistem imun tubuh atau daya tahan tubuh. 

Lanjutnya, polusi udara di luar saat kemarau juga meningkat. Karena itu ada baiknya menggunakan masker untuk menangkal radikal bebas saat keluar rumah. 

BACA JUGA:Simak, Lowongan CPNS Mahkamah Agung 2023, Cek Jadwal Seleksi dan Rincian Formasinya di Sini

BACA JUGA:7 Perbedaan PNS dan PPPK, Mulai dari Masa Kerja Hingga Hak, Pejuang CPNS 2023 dan PPPK Wajib Tahu

"Dengan menggunakan masker kita bisa menghalau dan meminimalisir debu dan polisi udara yang bisa  terhirup saat kita berada diluar," jelasnya. 

Bukan hanya itu, istirahat yang cukup juga penting bagi tubuh agar tubuh tetap fit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.disway.id