Uji Adrenalin, ini Tips Mengemudi Mobil Offroad Mudah Bagi Pemula
Tips Mengemudi Mobil Offroad Mudah Bagi Pemula-foto: agung perdana linggaupos.co.id-
LINGGAUPOS.CO.ID - Bagi anda yang memiliki hobi Offroad, selain harus memilih mobil yang tepat serta teknik mengemudi pun harus dimiliki.
Mengemudi di jalur offroad jadi aktivitas yang cukup menantang dan mampu menyalurkan adrenalin.
Sebagaimana dikutip LINGGAUPOS.CO.ID di wartaoto.com, berikut ini beberapa tips aman mengemudi di medan off-road yang bisa anda terapkan:
Teknik melalui lintasan yang curam
Mobil offroad dirancang untuk dapat melalui lintasan yang berbeda dari biasanya, salah satunya adalah lintasan yang curam.
Medan yang dilalui bisa tanjakan atau turunan curam, maka dari itu menguasai teknik dasar ini sangat penting.
Pengemudi masih banyak yang melakukan kesalahan ketika melewati jalanan curam.
Tidak sedikit pengemudi ketika melintasi tanjakan menginjak pedal gas, hal ini justru memicu kendaraan dapat mengalami mati mesin dan pada akhirnya berakibat fatal.
BACA JUGA:Didemo, Indomaret Lesung Batu Muda Muratara Ditutup, ini Kesepakatan Warga dengan Indomaret
Jika kamu mengendarai mobil ini dalam keadaan menanjak sebaiknya atur gigi menjadi 1, jika jenis matic maka atur gigi menjadi 1 (L).
Kemudian dalam posisi menanjak jangan menginjak gas lebih dalam, atur pedal dalam keadaan stabil dan tetap terjaga kecepatannya.
Hal ini akan berpengaruh untuk menjaga kecepatan mobil, selain itu juga untuk menjaga agar tidak mengalami mati mesin. Begitu juga ketika dalam kondisi mobil menurun.
Saat melewati jalanan menurun sebaiknya kamu tidak menginjak rem secara spontan, hal ini bisanya menyebabkan ban kendaraan mengalami selip atau terpeleset.
BACA JUGA:Syarat Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023 untuk Lulusan SMA, Persiapkan Diri Anda Saat ini Juga
Untuk melaju dalam turunan dengan aman pastikan tuas transmisi dalam keadaan gigi 1 sehingga kamu bisa melalui turunan tanpa menginjak rem.
Teknik melewati jalan miring
Lintasan miring biasanya menjadi lintasan yang cukup sulit dilewati oleh pengemudi, khususnya pemula.
Namun untuk mengendalikan mobil offroad pada lintasan miring kamu harus memperhatikan beberapa hal. Atur roda dalam keadaan lurus dan atur tuas pada gigi 1.
BACA JUGA:Didemo Warga Lesung Batu Muda Muratara, Gerai Indomaret Ditutup, Berikut Kronologisnya
Sesuaikan ban dengan arah miring medan, sehingga jika kemiringan tanah kea rah kiri maka miringkan mobil juga kearah kiri dan sebaliknya. Kemudian jangan menginjak gas secara spontan.
Teknik menginjak pedal gas harus selalu diperhatikan, agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.
Melewati jalan berlumpur atau berair
Salah satu lintasan untuk kendaraan ini adalah jalanan berlumpur dan berair. Ketika melintasi kondisi ini hal utama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik dan tetap kendalikan mobil mengikuti lintasannya.
BACA JUGA:CPNS Kemenkumham 2023, Formasi dari SMA untuk Penjaga Tahanan Ribuan Orang
Hindari menginjak gas secara spontan, atur tuas pada gigi satu dan jalankan mobil dengan stabil.
Sebagaimana di kutip LINGGAUPOS.CO.ID di imi.co.id, Offrood adalah mengendarai kendaraan di luar jalan raya seperti jalan tanah, lumpur, pasir, sungai, atau batuan yang masih dalam kondisi alami.
Atau dengan kata lain perjalanan dengan kendaraan bermotor di luar jalanan beraspal melewati rintangan alam yang ada di Indonesia.
Cabang olahraga ini pun terbagi menjadi 4 salah satunya Adventure Offroad, Jenis offroad ini lebih bersifat berpetualang atau wisata dengan medan yang cukup berat, selain itu olahraga ini juga mengandalkan kerjasama tim.
Seperti dikutip offroadjepara.com, Kejuaraan Nasional Adventure Offroad Individual dan Team Non Winch merupakan ajang kejuaraan mempertandingkan kecepatan kendaraan berpenggerak 4 roda dengan menempuh lintasan yang dipenuhi rintangan tanpa handicap winching secara individual maupun team.
Kejuaraan nasional ini biasanya diselenggarakan setiap tahun oleh Ikatan Motor Indonesia dibawah naungan pengurus provinsi.
Yuk simak, enam jenis kelas pada Kejurnas Adventure Offroad Individual dan Team Non Winch disini.
Kejuaraan Nasional Individual Non Winch
BACA JUGA:Link Pendaftaran CPNS Kejaksaan 2023, Terima Tamatan SMA dan Sarjana
G1 : 1000cc
G2 : Under - 1001 - 2500cc
G3 : Upper : 2501 - 4800cc
G4 : FFA : >4800cc
BACA JUGA:Syarat CPNS Kejaksaan RI 2023, Serta Cara Pendaftaran Tamatan SMA dan S1
Sedangkan pada Kejuaraan Nasional Team Non Winch terdapat pembagian dua kelas yang diperlombakan yakni team under 2500cc dan team upper 2501cc. Pada kelas Team Under 2500cc dapat diikuti kendaraan dari peserta individual dikelas G1 dan G2. Kemudian pada Team Upper 2501cc diikuti oleh peserta invidividual dengan kendaraan yang masuk kedalam kategori G3 dan G4.
Kejuaraan Nasional Team Non Winch
Team Under : Peserta G1 dan G2
Team Upper : Peserta G3 dan G4. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: