Ini Tata Cara dan Doa Salat Hajat, Simak Panduan Lengkapnya di Sini

Ini Tata Cara dan Doa Salat Hajat, Simak Panduan Lengkapnya di Sini

Ilustrasi Salat Hajat. --

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Salat hajat adalah ibadah sunnah yang dikerjakan seseorang untuk memohon agar Allah SWT mengabulkan hajat atau keinginannya.

Salat hajat dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan umumnya salat ini dilakukan pada malam hari.

Salah satu dari salat sunnah adalah salat hajat yakni dengan mengetahui tata cara salat hajat dan tentunya memudahkan setiap umat Islam dalam mengerjakannya.

Salat Hajat termasuk dalam salat sunnah mu'akkadah, yaitu salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

BACA JUGA:Pembangunan Konstruksi Jalan Tol Palembang-Betung Agustus 2023 Selesai

Hajat atau kebutuhan tersebut bisa berupa segala hal yang baik, seperti memohon kesehatan, keselamatan, pekerjaan, kelancaran urusan, atau hal-hal lain yang diinginkan, baik untuk diri sendiri, keluarga, atau umat Islam secara keseluruhan.

Salat ini dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan untuk melakukan salat.

 

Sejumlah ulama menyebut bahwa salat hajat berhujjah dengan firman Allah SWT:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ ٤٥

Artinya: "Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sesungguhnya (salat) itu benar-benar berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS Al Baqarah 45)

Berikut tata cara salat hajat terbaru Juli 2023:

 

- Membaca niat sholat hajat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala

Artinya: "Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka'at karena Allah Ta'ala"

- Takbiratul ihram

 

- Membaca doa iftitah

- Membaca surah Al Fatihah

- Membaca salah satu surah Al-Qur'an

- Rukuk

- I'tidal

- Sujud

- Duduk di antara dua sujud

- Sujud kedua

- Bangkit dan lakukan gerakan yang sama seperti rakaat pertama

- Duduk tasyahud akhir

- Salam ke kanan dan kiri

Contoh Doa Hajat:

Doa hajat dapat dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa yang Anda pahami. Berikut adalah contoh doa hajat dalam bahasa Arab:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ ۖ يَا مُحَمَّدُ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الصِّدِّيْقُ الْمُصَدِّقُ ۖ وَعَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْلٌ ۖ وَأَنْتَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ۖ اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ ۖ فَإِنَّهُ لَا يُعْطِيْهِ اِلَّا اَنْتَ ۖ وَلَا يَمْنَّهُ اِلَّا اللّٰهُ ۖ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

"Allahumma inni as-aluka wa atawajjahu ilaika biniyyika Muhammadin Nabiyyir-Rahmah. Ya Muhammad, ya Rasulullah, innaka anta ash-shiddiq al-musaddiq. Wa 'ala kulli shayin qadeer, wa anta 'ala kulli shayin qadeer. Allahumma inni as-aluka min fadhlikal-'azhim. Fa innahu la yu'tihi illa anta, wa la yamnahu illa Allah. Ya arhamar-rahimin."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan bertawakal hanya kepada-Mu dengan perantaraan nabi-Mu Muhammad, nabi rahmat. Ya Muhammad, wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau adalah orang yang benar lagi membenarkan. Dan segala sesuatu adalah sedikit baginya, dan engkau adalah maha kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari limpahan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya tidak ada yang memberikannya kecuali hanya Engkau, dan tidak ada yang menghalanginya kecuali Allah. Wahai Zat yang Maha Pengasih di antara yang pengasih."

Catatan: Anda juga dapat berdoa dengan menggunakan bahasa yang mudah dan berasal dari hati, karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar.(*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id