Baznas Lubuklinggau Sukses Salurkan ZIS dan Beasiswa

Baznas Lubuklinggau Sukses Salurkan ZIS dan Beasiswa

--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Lubuklinggau sukses menggelar Penyaluran ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) dan Beasiswa se-Kota Lubuklinggau, di Museum Subkoss Kelurahan Pasar Permiri Kota Lubuklinggau, Rabu 27 Juli 2023.

Ketua Baznas Kota Lubuklinggau, Drs. H. Harnan MH menjelaskan Baznas Lubuklinggau merupakan lembaga pemerintah non struktural. Mereka bekerja setiap hari sama dengan PNS di Sekretariat Baznas, kompleks Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau lantai dua.

Dikatakannya, terkait beasiswa diberikan dalam bentuk uang yang disalurkan setiap semester sesuai dengan jenjang pendidikannya.

"Untuk pelajar SD senilai Rp 600 ribu, SMP Rp 1.250.000, SMA Rp 1.750.00, mahasiswa perguruan tinggi Rp 2.75.000 yang diberikan sampai mereka tamat," katanya.

H Harnan menambahkan Kota Lubuklinggau mendukung program pemerintah dengan lima program unggulan yakni Linggau Cerdas, Linggau Sehat, Linggau Peduli dan Linggau Cermat.

Lanjutnya, sejak tahun 2021 pihaknya sudah menyalurkan beasiswa pendidikan sebanyak 300 orang dari tingkat SD sampai perguruan tinggi yang dibagikan secara langsung setiap persemester.

BACA JUGA:Baznas Lubuklinggau Bantu Warga yang Sakit Melalui Program Linggau Peduli dan Linggau Sehat

"Hari ini kami membagikan beasiswa kepada siswa SD sebanyak 70 orang, siswa SMP sebanyak 90, siswa SMA sebanyak 30 orang dan masiswa perguruan tinggi sebanyak 22 orang,"ungkapnya.

"Beasiswa diberikan persemester, dan dibagikan secara langsung kepada yang bersangkutan tanpa potongan sepeserpun,"jelasnya.

Menurutnya, dari sekian banyak pengajuan beasiswa pendidikan yang masuk ke Baznas ke Kota Lubuklinggau, ada beberapa pengajuan terpaksa ditolak karena tidak alokasi dana tidak cukup lagi.

"Semua terkait dengan pendanaan yang ada di Baznas Kota Lubuklinggau, untuk siswa SD saja saat ini baru bisa mendapatkan pemberian beasiswa setelah kelas 4,"katanya.

BACA JUGA:HUT Baznas ke-22, Baznas Lubuklinggau Adakan Khitanan Massal, Santuan Yatim Dhuafa dan Khotmil Quran

Selain membagikan beasiswa pendidikan, pada kesempatan itu juga turut dibagikan bantuan bagi fakir dan miskin sebanyak 100 orang.

"Untuk fakir bantuannya sebesar Rp.850.000 dan miskin sebesar Rp.650.000,"Ia menambahkan.

"Semoga saja zakat, infak serta sedekah lebih banyak lagi di amanahkan ke Baznas Kota Lubuklinggau,"pungkasnya.

"Kami berharap bantuan yang kami salurkan dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya," harapnya.

BACA JUGA:Bantuan Cuma-Cuma, Setiap Warga Dapat Rp 45 Juta dari Baznas, Berikut Ketentuannya

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Lubuklinggau, H Hendri Hermani menyampaikan zakat termasuk salah satu rukun Islam.

Zakat ikut berperan dalam membantu perekonomian umat serta merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam.

Selain itu zakat tak hanya berdimensi pada ibadah, tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi umat yang diharapkan mampu mengatasi problem kemiskinan maupun kesenjangan sosial.

Pemerintah sambungnya sudah melakukan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembanguan infrastruktur pendukung, peningkatan SDM dan ekonomi kerakyatan.

BACA JUGA:Wali Kota Resmikan Bedah Rumah dan Penyaluran Zakat Melalui Baznas Lubuklinggau

Hanya saja hal itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi sangat diperlukan sekali partisipasi, dukungan dan kerjasama seluruh elemen masyarakat.

“Sebagi umat Islam kita diajarkan tak hanya mengatur urusan yang berkaitan dengan masalah ibadah formal semata, tapi juga masalah sosial kemasyarakatan,” tandasnya.

Bahkan dalam batas tertentu keimanan seseorang bisa diukur dari sejauh mana tingkat kepeduliannya terhadap sesama.

Penyaluran zakat oleh Baznas Kota Lubuklinggau sangat menunjang program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

BACA JUGA:Baznas Lubuklinggau Sukses Gelar Pengukuhan UPZ OPD, UPZ Masjid dan Bimtek

Pemkot Lubuklinggau memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus Baznas yang telah bekerja secara optimal, bersih, amanah dan profesional serta dapat membuat program unggulan sehingga menjadi lebih baik.

Kepada seluruh OPD dan badan usaha diharapkan dapat menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya ke Baznas. Biarlah nanti Baznas yang akan membagikannya kepada mustahik yang ada di Kota Lubuklinggau.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: