DPRD Muratara Dukung Pemekaran Sumsel Barat, 6 Daerah Nyatakan Bergabung

DPRD Muratara Dukung Pemekaran Sumsel Barat, 6 Daerah Nyatakan Bergabung

Pertemuan DPRD Muratara dengan Presidium Sumsel Barat, yang membahas pemberian rekomendasi--

MURATARA, LINGGAUPOS.CO.ID - Dukungan pemekaran Provinsi Sumsel Barat terus berdatangan. Kali ini datang dari DPRD Musi Rawas Utara (Muratara).

Dukungan dari DPRD Muratara ini disampaikan secara tertulis, setelah pertemuan antara DPRD Muratara dalam hal ini Komisi I dengan Presidum Sumsel Barat, Senin 24 Juli 2023.

Sebelumnya dukungan secara tertulis juga sudah didapatkan dari DPRD Musi Rawas, Wali Kota Lubuklinggau. Bahkan jauh sebelumnya dari Bupati Empat Lawang.

Ketua Presidium Pemekaran Provinsi Sumsel Barat Waisun Wais Wahid menjelaskan pihaknya terus akan meminta dukungan hingga genap 6 kota/kabupaten.

BACA JUGA:Wali Kota Lubuklinggau Buatkan Rekomendasi Bersama Eksekutif dan Legislatif untuk Sumsel Barat

Yakni Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam.

Karena surat rekomendasi tertulis dari enam kota/kabupaten yang mendukung pemekaran ini akan menjadi acuan khusus bagi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat moratorium pemekaran dibuka.

Sehingga, ketika proses verifikasi dimulai, usulan sudah masuk dan tinggal melengkapi data-data yang diperlukan.

“Walaupun prosesnya mungkin tidak mudah, dukungan DPRD dan Pemkab/Pemkot menjadi dorongan bagi cita-cita pemekaran Provinsi Sumsel Barat,” katanya.

BACA JUGA:Wali Kota Lubuklinggau Dukung Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, Sudah Siapkan Lahan Kantor Gubernur

“Semoga cita-cita untuk pemekaran ini dapat tercapai dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat secara keseluruhan,” tambah Wahisun.

Sementara itu, Ketua DPRD Muratara Efriansyah menjelaskan bahwa pihaknya mendukung pembentukan Provinsi Sumsel Barat.

“Semua anggota DPRD Muratara menyatakan setuju untuk mendukung pemekaran ini. Karena ini berarti untuk kepentingan masyarakat secara luas, mempercepat pembangunan, dan mempersingkat pelayanan negara,” ungkapnya.

Efriyansyah menegaskan bahwa ada enam kabupaten/kota yang akan mendukung pemekaran Provinsi Sumsel Barat. Yaitu Kota Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara, Empat Lawang, Pagaralam, dan Lahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: