Ketahui! Hari Keterampilan Pemuda Sedunia dan Sejarahnya, Simak di Sini

Ketahui! Hari Keterampilan Pemuda Sedunia dan Sejarahnya, Simak di Sini

Ilustrasi Hari Keterampilan Pemuda Sedunia. --

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui, Peringatan Hari Keterampilan Pemuda Sedunia atau World Youts Skills diperingati seluruh dunia pada tanggal 15 Juli setiap tahunnya.

Hari ini, Sabtu 15 Juli 2023 seluruh dunia memperingati hari keterampilan pemuda sedunia.

Sejarah peringatan Hari Keterampilan Pemuda Sedunia ini pertama kali di deklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa (PBB) pada tahun 2014.

Tujuan peringatan hari keterampilan pemuda sedunia yakni untuk merayakan pentingnya strategis membekali kaum muda dengan keterampilan untuk pekerjaan dan kewirausahaan.

BACA JUGA:Putri Silampari Musi Rawas, Mandi di Telaga Tengah Hutan, Dirayu Bujang Tulup, Begini Kisahnya

PBB secara umum mengumumkan tema hari keterampilan pemuda sedunia yakni skilling teacher, trainers and youth for a transformative future.

Sedangkan kalau diartikan dalam bahasa Indonesia yakni meningkatkan keterampilan guru, pelatih dan pemuda untuk masa depan yang transformatif.

Deklarasi penetapan Hari Keterampilan Pemuda Sedunia ini sejalan dengan program kerja PBB untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

National Today menulis, Hari Keterampilan Pemuda Sedunia merupakan kesempatan baik bagi para mitra kebijakan, pengusaha, mitra pembangunan, serta program pendidikan kejuruan dan pelatihan untuk berdialog dengan kaum muda mengenai keterampilan yang dibutuhkan saat dunia bertransisi menuju model pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel H Herman Deru Berharap Pelayanan Kesehatan Lebih Maksimal dan Sempurna Lagi

Tema Hari Keterampilan Pemuda Sedunia 2023

 

Tema Hari Keterampilan Pemuda Sedunia 2023 adalah “meningkatkan keterampilan guru, pelatih, dan pemuda untuk masa depan yang transformatif”.

Mengutip laman resmi PBB, tema ini menyoroti peran penting yang dimainkan para guru, pelatih, dan pendidik lainnya dalam memberikan keterampilan kepada kaum muda untuk bertransisi ke pasar tenaga kerja dan untuk secara aktif terlibat dalam komunitas dan masyarakat.

Kemajuan teknologi dan dinamika pasar tenaga kerja yang terus berubah semakin menuntut keahlian yang gesit dan mudah beradaptasi. Sehingga, sangat penting untuk memberdayakan kaum muda agar dapat menavigasi perubahan ini secara efektif.

BACA JUGA:Resmikan Musim Baru DBL, Menpora: Kontribusinya Nyata Terhadap Prestasi Basket Indonesia

Pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan (TVET) berada pada posisi yang tepat untuk memenuhi tuntutan ini dengan mengurangi hambatan akses ke dunia kerja, memastikan bahwa keterampilan yang diperoleh relevan, diakui dan disertifikasi.

Kemudian, langkah lain yang dapat dilakukan adalah mempromosikan keterampilan dan praktik-praktik ramah lingkungan, serta menawarkan peluang pengembangan keterampilan bagi kaum muda yang tidak berada di dunia pendidikan, pekerjaan, dan pelatihan.

Pada Hari Keterampilan Pemuda Sedunia 2023, PBB mengajak semua kalangan untuk bersatu mengakui potensi kaum muda sebagai katalisator perubahan dan berkomitmen untuk memberikan mereka keterampilan dan peluang yang mereka butuhkan untuk membangun dunia yang sejahtera dan berkelanjutan bagi semua.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: