Gubernur Sumsel H Herman Deru Berharap Pelayanan Kesehatan Lebih Maksimal dan Sempurna Lagi

Gubernur Sumsel H Herman Deru Berharap Pelayanan Kesehatan Lebih Maksimal dan Sempurna Lagi

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bersama BPJS Kesehatan menggelar Senam Sehat Prolanis di Pelataran Rumah Dinas, Jumat 14 Juli 2023.-foto sumeks.co---

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru bersama BPJS Kesehatan menggelar Senam Sehat Prolanis di Pelataran Rumah Dinas, Jumat 14 Juli 2023.

Senam Sehat Prolanis dibuka langsung Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dimana dalam kesibukannya masih sempat mengajak untuk senam sehat bersama masyarakat.

''Kita patut apresiasi, karena BPJS Kesehatan yang terus mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Dengan senam bersama ini,'' kata Herman Deru.

BACA JUGA:Resmikan Musim Baru DBL, Menpora: Kontribusinya Nyata Terhadap Prestasi Basket Indonesia

Menurutnya, dengan senam prolanis ini sebagai wujud perhatian dari BPJS Kesehatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumsek juga dalam rangka menyongsong Sumatera Selatan Health-tourism.

Melalui Sumatera Selatan Health-tourism, Herman Deru ingin sumatera selatan menadi tujuan wisata kesehatan bagi masyarakat nasional.

Bahkan lebih luas lagi bagi masyarakat internasional untuk belajar dan sehat di Sumatera Selatan.

Sumsel tergolong Provinsi yang harapan hidupnya besar artinya ada kesadaran dari masyarakat untuk mengikuti pola hidup sehat.

BACA JUGA:Estimasi Waktu dari Lubuklinggau ke Bengkulu, Palembang, Lampung dan Jambi, Jika Jalan Tol Sudah Rampung

Yaitu melalui 4 pilar utama Kesehatan yaitu Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif. 

''Senam sebagai upaya pencegahan penyakit yang lebih tinggi.  BPJS Kesehatan punya inisiatif yang luar biasa salah satunya melalui senam sehat Prolanis ini, ucap Herman Deru.

Lebih Lanjut Gubernur Sumsel mengatakan bahwa Sumatera Selatan termasuk daerah yang memiliki cakupan Kesehatan yang tinggi.

Indikasinya sebanyak 9 Kabupaten/Kota yang berpredikat UHC. Kedepan, coverage UHC dapat naik menjadi 100%, Pelayanan Kesehatan dapat lebih maksimal dan makin sempurna lagi.

BACA JUGA:Ini Keutamaan Mengunjungi Orang yang Baru Pulang Haji, Begini Penjelasan Buya Yahya

Di sisi lain, Deputi Direksi Wilayah III Yudi Bastia, melalui Ketua Panitia Senam Prolanis yang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Sari Quratulainy mengungkapkan satu fakta.

Yaitu jenis penyakit Dibetes Mellitus (DM) dan Hipertensi (HT) merupakan 2  penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat.

Untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis khususnya penderita DM dan HT mencapai kualitas hidup yang optimal.

Dengan demikian dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit melalui pelayanan yang terintegrasi.

BACA JUGA:Selama Jabat Kapolres Muratara, AKBP Ferly Rosa Putra Sudah Pecat Belasan Anggota Nakal

BPJS Kesehatan melaksanakan program yang disebut dengan Pengelolaan Penyakit Prolanis (Prolanis) yang merupakan bagian dari 4 (empat) pilar Kesehatan dalam pelaksanaan Program JKN.

Kegiatan yang dilakukan pada hari ini merupakan salah satu Program Promotiv preventif dalam mencegah ke penyakit kronis bagi setiap peserta.

JKN-KIS yang menderita khusnya hipertensi dan kencing manis. Selain digunakan saat sakit, Program JKN-KIS memiliki manfaat yang lebih luas.

Memberikan rasa aman melalui encegahan antara lain, senam dan edukasi prolanis, dan skrining Kesehatan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.disway.id