Tol Betung – Tempino Mulai Dibangun, ini Wilayah yang Dilintasi

Tol Betung – Tempino Mulai Dibangun, ini Wilayah yang Dilintasi

Rapat Pembahasan Percepatan Progress Pembangunan Jalan Tol di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa 11 Juli 2023--

BACA JUGA:Perkembangan Terbaru, Tol Bayung Lencir Sumatera Selatan dengan Tempino Jambi, Exit Tol Digeser

Tapi, pergeseran ini justru berdampak positif. Jumlah timbunan mengalami penyusutan. Kalau menggunakan trase awal butuh timbunan 12,8 juta meter kubik.

“Sedangkan dengan revisi trase ini, hanya butuh 3,5 juta meter kubik,” bebernya.

Praktis, lebih hemat biaya. Dari sebelumnya dana yang dianggarkan untuk ruas sepanjang 21,8 km mencapai Rp5,7 triliun, tapi setelah revisi trase, diperkirakan hanya habis Rp3,1 triliun.

“Penghematan anggaran cukup signifikan,” imbuhnya.

BACA JUGA:28 Finalis Bujang Dehe Musi Rawas Kenali Program JKN Lebih Dekat

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengatakan, pihaknya memang menargetkan pembangunan konstruksi akan dimulai pada triwulan II tahun 2023.

“Panjang total Jalan Tol Ruas Betung-Tempino-Jambi memang 169 km,” katanya.

Hutama Karya ditugaskan untuk menggarap sub bagian dari jalan tol seksi Bayung Lencir-Tempino dengan panjang ruas 15,4 km.

Selain itu mempercepat perputaran roda ekonomi daerah, juga konektivitas antar daerah Jambi ke Palembang hingga Lampung. Akses ini  memberikan pemerataan kesejahteraan pembangunan dan meningkatkan sektor pariwisata.

BACA JUGA:Setelah Ridwan Mukti, DPRD Musi Rawas Sepakat Dukung Pembentukan Sumsel Barat

Terpisah, Pemprov Jambi telah mengadakan rapat pertemuan bahas areal publik yang dilintasi ruas Tol Betung-Jambi ini.

“Ada kuburan dan madrasah yang kita coba tidak lanjuti karena ini bagian dari penuntasan untuk kelancaran pembangunan jalan tol,” kata Sekda Provinsi Jambi, Sudirman.

Jalan tol Betung (Sp Sekayu) - Tempino - Jambi sepanjang 169 KM sudah dimulai pengerjaan. Perkiraannya awal menelan biaya hingga Rp45,17 triliun.

Pembangunannya terbagi dalam empat seksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: