Pulang dari Tanah Suci! Kesehatan Jemaah Haji Dipantau Selama 14 Hari

Pulang dari Tanah Suci! Kesehatan Jemaah Haji Dipantau Selama 14 Hari

Ilustrasi kesehatan jemaah haji.--

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Pulang dari tanah suci Mekkah, kondisi kesehatan pada jemaah haji yang tiba di Indonesia akan tetap dipantau oleh petugas.

 

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang pastikan kesehatan jemaah haji aman, sepulang dari Tanah Suci.

 

Jemaah haji asal Embarkasi Palembang akan pulang ke tanah air, mulai hari ini, Kamis 6 Juli 2023.

 

"Setiap jemaah haji mendapatkan Kartu Kewaspadaan Kesehatan bagi Jemaah Haji (K3JH), dimana jemaah akan dipantau kesehatannya selama 14 hari setelah kepulangan ke tanah air," kata Emilia Rosa, kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang saat rapat kordinasi penyambutan kepulangan jemaah haji.

BACA JUGA:Simak! Ini Jadwal Lengkap Kedatangan Jemaah Haji di Bandara-Bandara AP II

 

Pihaknya juga telah menyiapkan 3 ambulan serta petugas yang disiapkan untuk jemaah yang memerlukan rujukan.

 

"Tim kesehatan telah siap menyambut kepulangan jemaah haji, seperti ambulan dan petugas," jelasnya.

 

Selain itu, Emilia Rosa juga mengungkapkan, seluruh jemaah haji yang tiba di tanah air, akan dilakukan skrining kesehatan saat kedatangan di Debarkasi Palembang.

 

Setelah pasca pandemi Covid-19 seluruh jemaah haji tidak lagi melakukan karantina sepeti tahun sebelumnya, namun jemaah tetap  mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Catat Jadwal Lengkap Kepulangan Jemaah Haji Indonesia, Ada 8 Kloter!

 

"Idak ado karantina, tapi jemaah tetap dalam pantauan selama 14 hari ke depan," tegas Abdul Qudus, humas Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel saat dihubungi SUMEKS.CO.

 

Selama pemulangan jemaah, Armet Dachil Kepada Bidang (Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kementrian Agama (KaKemenag) Sumsel berpesan, jemaah Lansia tetap diprioritaskan  mendapatkan layanan utama.

 

"Jemaah haji Lansia akan disiapkan untuk dilayani lebih dahulu termasuk menyiapkan penjemputan kendaraan khusus," ujarnya.

 

Sementara Sunarto, Kepala Bidang (Kabag) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan mengimbau, untuk mempersiapkan penyambutan agar berjalan tertib.

BACA JUGA:Sudah 16 Jemaah Haji Embarkasi Palembang Meninggal Dunia di Arab Saudi

 

"Panitia juga diminta untuk melayani penyambutan jemaah haji dengan hati," tutupnya.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.disway.id