Pembagian Daging Kurban di Masjid Al Kautsar Lubuklinggau Tanpa Sampah Plastik, Kok Bisa!

Pembagian Daging Kurban di Masjid Al Kautsar Lubuklinggau Tanpa Sampah Plastik, Kok Bisa!

Pemotongan hewan kurban di Masjid Al Kautsar Lubuklinggau di Kelurahan Taba Koji Kota Lubuklinggau, Kamis 29 Juni 2023.--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 diwarnai dengan penyembelihan hewan kurban.

Peringatan Hari Raya Idul Adha besar kemungkinan banyak sampah plastik yang menumpuk pasca penyaluran daging kurban, namun anggapan itu salah.

Seperti yang dilakukan Pengurus Masjid Al Kautsar Lubuklinggau di Kelurahan Taba Koji Kota Lubuklinggau menunjukannya, panitia kurban membagikan daging hewan kurban dengan menggunakan daun pisang untuk mengurangi sampah plastik pada pelaksanaan Idul Adha 2023.

Penyembelihan hewan kurban ini bertempat di Jalan Wijaya Rt 01 Kelurahan Taba Koji Kecamatan Lubuklinggau Timur I Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Hanum Mega Pamer Omset Rp 1 Miliar, Suami Selingkuh Auto Nyesel, Ini 4 Sumber Cuannya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau, Subandio Amin melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau DLH Kota Lubuklinggau, Vio mengapresiasi pelaksanaan di Masjid Al Kautsar Lubuklinggau yang telah melaksanakan pemotongan hewan kurban tanpa sampah plastik.

Itu diungkapnya, Surat Edaran tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK) RI tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

"Dalam surat edaran Wali Kota Lubuklinggau tersebut, SKPD, Camat, Kepala Desa, Lurah, RT/RW se-Kabupaten Tanah Bumbu agar menyebarluaskan informasi Idul Adha tanpa sampah plastik kepada masyarakat luas melalui media online maupun media sosial," jelas Vio.

Pihaknya mengharapkan, apa yang dilakukan pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Masjid Masjid Al Kautsar Lubuklinggau dapat memberi pengaruh positif bagi kelompok-kelompok masyarakat lain.

BACA JUGA:Liburan Bersama Keluarga Tetap Maksimal, Begini Cara Perpanjang SIM Online, Cek di Sini

"Apa yang dilakukan panitia Masjid Al Kautsar Lubuklinggau ini sejalan dengan upaya Pemkot Medan mengurangi dan mencegah bertambah volume sampah," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Masjid Al Kautsar Lubuklinggau, Muhammad Rifqi mengatakan,“Untuk penggunaan daun pisang sebagai pembungkus daging hewan kurban yang sangat ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik yang dapat merusak lingkungan,” katanya Kamis 29 Juni 2023.

Menurutnya, dengan menggunakan daun pisang kita terapkan dalam pendistribusian hewan kurban, melalui pihak panitia mengajak masyarakat untuk lebih peduli menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik yang sulit terurai.

“Untuk jumlah pemotongan hewan kurban yakni 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang dilaksanakan setelah Salat Idul Adha dan hewan kurban ini merupakan dari masyarakat yang menunaikan kurbannya,”katanya.

BACA JUGA:Hukum Salat Tanpa Mandi Wajib Karena Lupa! Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Rifqi menjelaskan kali ini Masjid Al Kautsar Lubuklinggau, berkesempatan melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing,

“Untuk kupon daging berjumlah 250 kupon, dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya disekitaran Masjid Al Kautsar Lubuklinggau,”ungkapnya.

Harapan kedepannya dengan semangat kebersamaan dapat bertambah untuk hewan kurban pada tahun depan.

“Alhamdulillah antusias jemaah yang sangat tinggi membuat panitia kurban sangat terbantu dalam melaksanakan kurban,” tutupnya.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: