Gempa Guncang Bantul Yogyakarta, Dilaporkan Ada Rumah Sakit yang Rusak, Ada 5 Kali Susulan

Gempa Guncang Bantul Yogyakarta, Dilaporkan Ada Rumah Sakit yang Rusak, Ada 5 Kali Susulan

RSU Rizki Amalia di Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang alami kerusakan akibat gempa Bantul--

YOGYAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Gempa dengan kekuatan 6,4 Magnitudo, mengguncang Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa YOGYAKARTA (DIY), Jumat 30 Juni 2023 sekitar pukul 19:57:43 WIB.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lokasi gempa di 8.63 LS, 110.08 BT (Pusat gempa berada di Laut 86 Km Barat Daya Bantul) dengan kedalaman gempa pada 25 KM.


Gempa di Bantul, Yogyakarta-bmkg.go.id-

Selain itu dijelaskan, bahwa gempa juga dirasakan hingga ke Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen bahkan ke Jawa Timur, seperti Ponorogo, Kediri dan Mojokerto.

Pusdalops PB DIY melaporkan imbas gempa ini, ada kerusakan di Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo.

BACA JUGA:Sumsel Barat Layak Terbentuk, Kapan Waktunya? Ini Penjelasan Mantan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti

Totalnya, dilaporkan 15 unit rumah rusak, juga ada 1 fasilitas pemerintah yang rusak. Kemudian ada 1 fasilitas kesehatan yang rusak dan 2 fasilitas pendidikan yang rusak.

Informasi yang diterima, fasilitas yang rusak adalah RSU Rizki Amalia di Jalan Wates - Purworejo KM.10, Kaliwangan, Temon Wetan, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Pusdalops PB DIY juga melaporkan, hingga pukul 20.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar 4,5.

Kemudian Pusdalops PB DIY juga mekomendasi kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BACA JUGA:Ini Daerah yang Berpotensi Menjadi Ibu Kota Sumsel Barat

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg.go.id