Seluruh Jamaah Haji Sudah di Arafah, Begitu Juga dari Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara

Seluruh Jamaah Haji Sudah di Arafah, Begitu Juga dari Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara

Rodi Wijaya bersama jemaah haji Lubuklinggau di Arafah--

MINA, LINGGAUPOS.CO.ID – Seluruh jamaah haji, Selasa 27 Juni 2023 sudah berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf. Begitu juga dengan jemaah haji dari Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara (Muratara).

Petugas Haji Daerah (PHD) Lubuklinggau, Rodi Wijaya menjelaskan, jemaah haji dari Lubuklinggau sekarang posisinya sudah di Arafah.

Ia menjelaskan, Senin 26 Juni 2023 pukul 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sudah diberangkatkan ke Arafah menggunakan bis.

“Kami dari Hotel Sektor 505 tempat jamaah kloter 16/PLM Lubuklinggau, diberangkatkan pukul 10.00 kemudia tiba di Arafah pukul 11.00 WAS,” jelas Rodi yang juga Ketua DPR Lubuklinggau ini.

BACA JUGA:Sudah 144 Jamaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia, 7 Dari Sumatera Selatan

Ia juga meminta doa dari seluruh warga Lubuklinggau, agar seluruh jamaah haji Lubuklinggau diberikan kesehatan dan keselamatan selama wukuf, hingga lontar jumrah pada Rabu 28 Juni 2023.

“Mohon doanya dari masyarakat Lubuklinggau, untuk kesehatan dan keselamatan jamaah yang 80 persennya masuk golongan lansia,” jelasnya.

Sementara itu, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Mekah, Senin 26 Juni 2023 malam, melakukan penyisiran hotel-hotel jemaah. 

Penyisiran dilakukan untuk memastikan seluruh jemaah haji Indonesia yang tidak mengikuti safari wukuf sudah diberangkatkan ke Arafah.

BACA JUGA:Nenek dari Aceh Sebut Ongkos Naik Haji Rp50 Juta Murah, Ia Beberkan Alasannya

Penyisiran dilakukan secara berjenjang oleh petugas pelindungan jemaah dan petugas akomodasi pada 122 hotel jemaah di Mekah. 

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah Khalilurrahman ikut memimpin proses penyisiran. 

Ikut bergabung, Sekretaris Daker Mekah Tawwabuddin, Kasi Pelindungan Jemaah Daker Mekah Rijal Karni, dan Pelaksana Pelindungan Jemaah Daker Mekah Khasan Syukur.

"Alhamdulillah, kami bergerak sejak sekitar jam 02.00 WAS, melakukan proses penyisiran hingga jam 06.00 WAS. Semua jemaah haji Indonesia yang tidak ikut safari wukuf sudah ke Arafah," terang Khalilurrahman di Mekah,  dikutip dari kemenag.go.id, Selasa 27 Juni 2023.

BACA JUGA:Petugas Akan Lakukan Badal Haji, untuk Ustadz Fauzan Aziz yang Meninggal Dunia, Berikut Penjelasannya

"Pemberangkatan bus terakhir pada sekitar jam 04.15 WAS dari sektor tujuh, hotel 707," sambungnya.

Menurut Khalilurrahman, saat ini masih ada sekitar 240 jemaah lansia dan disabilitas yang akan mengikuti safari wukuf. 

Mereka adalah jemaah lansia atau difabel yang memiliki keterbatasan dalam pergerakan sehingga tidak bisa melakukan apa-apa atau memiliki keterbatasan kemampuan fisik berat.

Mereka menempati lima hotel pada empat wilayah, yaitu: Syisyah (2), Jarwal, Misfalah, dan Raudhah. 

BACA JUGA:Ingin Menjadi Haji yang Mabrur? ini Tips Buya Yahya Agar Ibadah Haji tak Sia-Sia

"Jemaah safari wukuf lansia dan disabilitas ini mulai dipersiapkan naik bus pada sekitar pukul 10.00 WAS. Selanjutnya mereka akan diantar menuju Arafah untuk safari wukuf," papar Khalilurrahman.

Selain jemaah lansia dan disabilitas, lanjurnya, Daker Mekah juga mensafariwukufkan lebih 200 jemaah yang sakit dan dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah dan RA Arab Saudi. Mereka juga akan diberangkatkan ke Arafah pada sekitar pukul 11.00 WAS.

"Semoga seluruh jemaah haji Indonesia sehat dan dapat menjalani puncak haji dengan baik," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: