Jelang Libur dan Cuti Bersama Idul Adha 2023, 192 Ribu Tiket Kereta Api Ludes

Jelang Libur dan Cuti Bersama Idul Adha 2023, 192 Ribu Tiket Kereta Api Ludes

Jelang libur panjang Idul Adha 2023, ratusan ribu tiket kereta api dari Jakarta menujut beberapa daerah di Jawa ludes dibeli.-KAI---

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Pemerintah Indonesia telah menyepakati libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah selama tiga hari yakni tanggal 28 dan 30 Juni 2023 cuti bersama serta 29 Juni 2023 libur.

Selain itu, cuti bersama Idul Adha 2023 ini termasuk long weekend di Bulan Juni 2023.

Hal ini sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri, yakni Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Jelang libur panjang dan cuti bersama Idul Adha 2023, ratusan ribu tiket kereta api dari Jakarta menuju beberapa daerah di Jawa ludes dibeli.

BACA JUGA:Simak! Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api Mulai 12 Juni 2023

BACA JUGA:Asyiik..! PT KAI Tebar Promo Libur Sekolah, Diskon 25 Persen, Cek Jadwal dan Rutenya

Pelaksana Harian Manager Humas Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragih mengatakan berdasarkan data pihaknya sebanyak ratusan ribu orang akan tinggalkan DKI dari sejumlah stasiun di Ibu Kota. 

"Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang dan beberapa stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta pada Hari Jumat, 23 Juni 2023 menunjukkan volume penumpang berangkat sudah mengalami peningkatan," katanya kepada awak media, Jumat 23 Juni 2023.

Sementara, sebanyak 16.500 orang telah berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 15.500 dari Stasiun Gambir mulai hari ini. 

"Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 85 persen," ucapnya.

BACA JUGA:SAH, Mulai Sekarang Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Perlu Vaksin dan Pakai Masker

BACA JUGA:PENTING! Ini Aturan Baru Vaksin, Bagi Penumpang Kereta Api Lubuklinggau Palembang dan Lampung

Diungkapkannya, kini pihaknya jumlah tersebut masih akan meningkat. Telah ada sekitar 192 ribu tiket yang dipesan. 

"Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 23, 24, 27 dan 28 Juni 2023," ungkapnya.

Dijelaskannya, terdapat dua kota yang banyak dipilih masyarakat dalam pergi menggunakan kereta. Keduanya adalah Yogyakarta dan Bandung.

"Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," jelasnya. 

BACA JUGA:Vaksin Covid-19 Tidak Lagi Jadi Syarat Perjalanan Menggunakan Kereta Api, Cek Faktanya

BACA JUGA:Jadwal Baru Keberangkatan Kereta Api, Pengguna Wajib Baca, Berlaku Mulai 1 Juni 2023

""Untuk informasi lebih lanjut terkait tiket, jadwal perjalanan dan pelayanan kereta api, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@KAI. id, atau media sosial KAI121." tandasnya.

Sementara, pihaknya merilis beberapa syarat untuk perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal mulai 12 Juni 2023:

1. Dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19. 

2. Diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19 dan dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan. 

BACA JUGA:Simak! Per 1 Juni 2023, Waktu Tempuh Kereta Api Jarak Jauh Semakin Cepat

BACA JUGA:Pengguna Kereta Api Wajib Baca! PT KAI Berlakukan Aturan Baru Gapeka 2023, Cek di Sini

3. Dianjurkan tetap membawa hand sanitizer dan/atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan. 

4. Bagi orang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19 dianjurkan menjaga jarak atau menghindari kerumunan orang untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

5. Dianjurkan tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk memonitor kesehatan pribadi.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id