Kampung Keluarga Berkualitas Musi Rawas Dinilai Tim Penilaian Provinsi Sumsel

Kampung Keluarga Berkualitas Musi Rawas Dinilai Tim Penilaian Provinsi Sumsel

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti foto bersama usai Verifikasi Lapangan dalam Rangka Penilaian Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti, Senin--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti menghadiri Verifikasi Lapangan dalam Rangka Penilaian Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti, Senin 3 April 2023.

Penilaian kali ini dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti.

Wabup Mura dalam sambutannya menyampaikan, Sejak tahun 2017 sudah dicanangkannya Kampung Keluarga Berencana di Kabupaten Musi Rawas hingga tahun 2021, dan telah terbina sebanyak 25 desa Kampung Keluarga Berencana dan pada tanggal 10 Oktober 2022 sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Rawas menindaklanjutinya dengan menetapkan Keputusan Bupati Nomor 502/KPTS/DPPKB/2022 bahwa seluruh desa dan kelurahan dibentuk Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Musi Rawas.

Lebih lanjut, Wabup menyampaikan bahwa Desa Muara Megang sudah banyak menunjukkan perbaikan, di antaranya angka kematian ibu dan bayi menurun dengan meningkatnya perilaku masyarakat persalinan dengan tenaga kesehatan (bidan desa), angka putus sekolah menurun dengan meningkatnya program kejar paket A, indeks desa membangun meningkat menjadi desa berkembang, dari delapan fungsi keluarga semua aktif dan berfungsi dengan baik yang dibimbing oleh lintas sektor terkait.

"Saya berharap dalam Verifikasi lapangan ini akan memberikan informasi yang baik sehingga Desa Muara Megang memang layak untuk tampil di kanca nasional dalam rangka mewakili Provinsi Sumatera Selatan tahun ini," ucap Wabup.

Wabup berharap, penilaian ini akan mempunyai spirit yang tinggi dalam optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas bahkan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Musi Rawas sehingga Wabup optimis dengan pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang terintegrasi dan terkoordinasi menurunkan stunting, akan terwujud dengan mudah dan nyata pada tahun 2024 stunting turun hingga di bawah 14 persen.

Sementara itu Ketua Tim Penilaian dari Pemprov Sumsel Elvi Silviani, mengatakan

Kampung Keluarga Berkualitas (KB) merupakan satu wilayah desa dengan pemberdayaan dan penguatan institusi untuk meningkatkan kualitas SDM, keluarga dan masyarakat dengan intervensi KB.

"Bukan hanya KB, namun juga berkolaborasi di kampung KB ini. Alhamdulillah, dinas terkait sudah terlaksana baik sebelum dan sesudahnya. Nanti tetap kami cek untuk Verifikasi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Kabupaten Musi Rawas dengan Juara I Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti, Juara II Desa Ngestikarya Kecamatan Jayaloka, dan Juara III Desa Paduraksa Kecamatan STL Ulu Terawas.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Tim Penilaian dari Pemprov Sumsel Elvi Silviani beserta Tim, Kepala OPD Mura, Camat Megang Sakti, Camat Jayaloka, Kepala Desa/Lurah Se Kec. Megang Sakti, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: