Pengguna Kereta Api Wajib Baca! PT KAI Berlakukan Aturan Baru Gapeka 2023, Cek di Sini

Pengguna Kereta Api Wajib Baca! PT KAI Berlakukan Aturan Baru Gapeka 2023, Cek di Sini

PT KAI bakal memberlakukan aturan baru Gapeka 2023-Julian Romadhon-Harian Disway---

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Bagi anda pengguna transportasi Kereta Api (KA) PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 mulai per tanggal 1 Juni 2023 mendatang.

Pemberlakuan Gapeka 2023 ini untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan KAI.

Bagi anda pengguna tranportasi KA wajib mengetahui tentang aturan baru yang bakal diterapkan PT Kereta Api Indonesia mulai 1 Juni 2023 mendatang.

Dalam aturan baru tersebut, PT KAI bakal memberlakukan aturan baru Gapeka 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sudah digunakan oleh KAI sejak 2021.

BACA JUGA:Fantastis! Harta Kekayaan Pejabat di Sumsel, Wako Lubuklinggau Rp17,6 M, Kadis PU PR Lubuklinggau Rp56,85 M

BACA JUGA:CEK FAKTA: Video Kecelakaan Lalulintas di Pedang Musi Rawas, Polisi Berikan Penjelasan

Gapeka atau Grafik Perjalanan KA adalah pedoman pengaturan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis.

Garis tersebut menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan KA mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Gapeka yang berupa garis tersebut bertujuan untuk pengendalian seluruh perjalanan kereta api seperti jadwal keberangkatan, waktu tempuh, serta jadwal perawatannya.

"Pengaruh pemberlakuan Gapeka 2023, yakni perjalanan kereta api (KA) akan mengalami waktu tempuh yang semakin cepat dari sebelumnya," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Salasa 9 Mei 2023.

BACA JUGA:Ikuti Google Maps, Mobil Dokter dari Karawang Terjebak Lumpur di Muara Lakitan Musi Rawas

BACA JUGA:Dugaan Monopoli Bisnis di Lapas, Anak Yasonna Laoly Dilaporkan ke KPK

Selain itu, kata Joni, terdapat percepatan waktu menjadi lebih efisien pada waktu tempuh perjalanan KA total 2.727 menit per hari.

"Rinciannya, efisiensi 335 menit pada KA Argo, 405 menit pada KA Eksekutif, 1.433 pada KA Eksekutif Campuran, dan 55 menit pada KA Ekonomi," terangnya.

Joni mencontohkan, KA yang mengalami waktu tempuh yang semakin cepat adalah KA Mutiara Selatan dengan relasi Surabaya Gubeng-Bandung.

"Waktu tempuh perjalanan tersebut yang sebelumnya selama 12 jam 15 menit menjadi 11 jam 3 menit, sehingga perjalanan tersebut lebih singkat 72 menit," jelasnya.

BACA JUGA:Ida Dayak Batal ke Lubuklinggau, Benarkah? Ini Kata Wali Kota Lubuklinggau

BACA JUGA:Bertahap, Layanan Kantor Cabang dan ATM BSI Kembali Pulih

Selain percepatan waktu tembuh, pemberlakuan Gapeka 2023 juga berpengaruh terhadap penambahan jumlah perjalanan KA dari Gapeka sebelumnya.

"Pada KA penumpang, bertambah 48 perjalanan dari 605 menjadi 653 KA. Sedangkan pada KA Barang, bertambah sebanyak 6 Ka yang awalnya 322 KA menjadi 328 KA," tuturnya.

Faktor Perubahan Gapeka 2021 ke 2023

Joni mengatakan, terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka 2021 ke 2023.

BACA JUGA:Ayam Geprek Mas Andre Hadir di Tugumulyo, Catat Alamatnya

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas Lantik Kades Mambang, Maha Putra: Siap Jalankan 9 Program Musi Rawas MANTAB

Salah satu faktor tersebut adalah adanya jalur ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) seperti di lintas Gedebage-Haurpugur yang sebelumnya hanya satu rel.

Faktor lainnya yakni adanya pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung-Bekasi, sehingga bisa terjadi peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120 km/jam dan perubahan sistem persinyalan.

Selain itu, tiket kereta api sudah bisa dibeli untuk keberangkatan pada tanggal awal bulan Juni, ketika Gapeka 2023 sudah diberlakukan mulai 1 Juni 2023.

"Diketahui bahwa masyarakat sudah bisa membeli tiket perjalanan KA untuk keberangkatan KA mulai H-30," ujarnya.

BACA JUGA:Menjadi Caleg, Mundur dari Wali Kota, ini Kata SN Prana Putra Sohe

BACA JUGA:Wawako Lubuklinggau Buka Pelatihan Kewirausahaan Bagi Wirausaha Pemula: Jangan Takut Gagal untuk Memulai Usaha

Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, atau seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Imbauan KAI KAI mengimbau kepada para masyarakat yang ingin menggunakan KA dengan keberangkatan 1 Juni 2023 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal KA.

"Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2023 ini, pelanggan kereta api akan semakin meingkat melalui berbagai peningkatan pelayanan seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan kereta api, dan lainnya," pungkasnya.(disway.id)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: