Catat! 7 Provinsi ini Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Termasuk Sumatera Selatan

Catat! 7 Provinsi ini Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Termasuk Sumatera Selatan

Ilustrasi pemutihan pajak kendaraan bermotor--

LINGGAUPOS.CO.ID - Terdapat 7 Provinsi di Indonesia yang melakukan pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di tahun 2023 ini termasuk Sumatera Selatan (Sumsel).

Langkah ini diterapkan guna memudahkan para pemilik kendaraan untuk menuntaskan kewajiban perpajakan.

Pemutihan PKB ini merupakan program pemerintah untuk meringankan denda pajak dan iuran bagi pengendara yang tidak membayar pajak secara tepat waktu.

Dengan program ini diharapkan memudahkan masyarakat  untuk membayar pajak serta biasanya pemutihan juga dapat digunakan untuk pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan (BBNK).

BACA JUGA:Anggota Polres Musi Rawas Resmi Tersangka, Kapolres Berikan Ketegasan

BACA JUGA:Ciwidey Viral!, Video Syur Wanita Pamerkan Area Sensitifnya

Pada tahun ini ada 7 provinsi yang menggelar pemutihan pajak kendaraan pada bulan Mei 2023 ini :

1. Riau

 

Melalui peraturan daerah Riau bersama degan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau menggelar program pemutihan untuk seluruh pengendara Riau.

Program pemutihan bisa dengan menelusuri riau.go.id, melalui program "7 Berkah Pajak Daerah,  pemutihan sudah mulai dilaksanakan dari 1 Februari 2023 hinga akhir Mei 2023.

2. Lampung

Provinsi Lampung juga memberikan pemutihan pajak kendaran yang sudah berlangsung sejak 3 April 3023 hinga 30 September 2023.

 

Pemutihan pajak kendaraan melalui peraturan Gubernur Lampung tentang keringanan PKB dan BBKNKB Tahun 2023. Namun untuk pengendara yang mengikuti wajib pajak harus memenuhi beberapa persyarataan, antaranya, kendaraan harus bernomor polisi Lampung, yakni nompol BE. 

Pemutihan hanya diberikan kepada  pengendara yang dapat memperlihatkan PKB yang pajak mati selama 1-2 tahun. 

BACA JUGA:Kembali, MAN 1 Lubuklinggau Raih Juara Umum OSN Tingkat Kota Lubuklinggau

BACA JUGA:Pengamat: Jokowi Beri Sinyal Dukung Prabowo Capres Koalisi Kebangsaan

3. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan melalui peraturan daerah melakukan pemutihan pajak mulai dari 1 April hingga 31 Desember. Pemutihan pajak meliputi PKB dan BBNKB II, bebas denda dan bunga pajak selama dua tahun lebih hanya akan membayar untuk tunggakan satu tahun termasuk mutasi kendaraan.

Penghapusan registrasi dan identifikasi selama dua tahun masa berlaku STNK akan dilakukan penghapusan dalam registrasi kendaraan.

 

Provinsi Jawa Timur melaksanakan pemutihan pajak sejak 14 April 2023 sampai 14 Juni 2023. Kebijakan ini melalui keputusan Gubernur Jawa Timur tentang pembebasan pajak kendaraan.

5. Kalimantan Barat

 

Melalui peraturan Gubernur No 3 2023, mengadakan pemutihan pajak kendaraan. Program pemutihan pajak sudah dibuka sejak 1 Februari 2023 hingga 31 Juli 2023. Pemerintah mengasih keringanan berupa pembebasan PKB, Pembebasan BBNKB II. 

Pemerintah Provinsi melaksanakan pemutihan pajak kendaraan sejak 2 Maret 2023 dan akan berakhir pada 2 Mei 2023. 

Pemutihan berupa pembebasan denda PKB, Pembebasan biaya balik nama dari luar Provinsi Sumatra Barat dan Gratis BBN kendaraan untuk kendaran nomor polisi BA.

7. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah mengadakan pemutihan pajak kendaraan pada 26 April 2023. Program tersebut berdasarkan peraturan Gubernur No9 2023. Pemutihan ini memberikan tiga keringanan bagi pengendara.

 

Berikut pemutihan kendaraan di Provinsi Jawa Tengah. Bebas denda administrasi PKB,  bebas biaya balik nama kendaraan (BBNKB II) serta bebas biaya progresif.(sumeks.disway.id)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: