Tips Aman Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H dari Satlantas Polres Lubuklinggau

Tips Aman Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H dari Satlantas Polres Lubuklinggau

Kasat Lantas AKP Agus Gunawan--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor biasanya menjadi salah satu moda transportasi favorit untuk mudik.

Menjelang mudik lebaran 1444 Hijriah, Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi, melalui Kasat Lantas AKP A Gunawan menghimbau kepada para pemudik agar ebih berhati-hati terutama pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

"Untuk pemudik kalau masih ada alternatif sebaiknya gunakan kendaraan roda 4, tetapi kalaupun terpaksa mudik mengunakan kendaraan roda 2 harus lebih berhati-hati dan memperhatikan barang yang akan dibawa," kata Gunawan.

 

Menurutnya, agar mudik aman selama dalam perjalanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

BACA JUGA:Layanan Bayi Tabung RS Siloam Hadir di Lubuklinggau

Yuk simak tips mudik dari Satlantas Polres Lubuklinggau:

Pertama, perhatikan barang bawaan. Artinya bawalah barang seperlunya saja. Barang yang dibawa tidak boleh menutup ataupun menganggu jarak pandang depan, samping kiri dan kanan, termasuk juga belakang.

"Jadi kaca spion tidak boleh tertutup oleh barang bawaan sehingga jarak pandang dibelakang dari kaca spion jadi terganggu," ungkapnya.

Kedua, pemudik juga harus memperhatikan jarak tempuh. Artinya kondisi fisik kita ada batasan berapa lama bisa bertahan dalam perjalanan, jangan sampai memaksakan diri.

"Kalau lelah atau ngantuk, cepat cari tempat istirahat terdekat, bisa di kantor polisi, atau fasilitas umum lainnya, bisa juga di pospam lebaran, dan ingat obat ngantuk itu hanya tidur tidak yang lain," tegasnya.

BACA JUGA:Kementerian Agama RI Tetapkan Idul Fitri 1444 H Berdasarkan Pantauan 123 Titik Hilal, Cek Ini Tanggalnya

Ketiga, bila terjadi kendala ataupun kerusakan kendaraan, mintalah bantuan atau menghubungi petugas untuk informasi bengkel terdekat.  

Keempat, yang terpenting harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan hati-hati dalam mengendarai kendaraan bermotor agar tidak terjadi kecelakaan. "Mudik lebaran tetap tertib berlalu lintas," ujarnya.

Beberapa hal itu harus menjadi perhatian para pemudik.

"Selamat mudik lebaran jangan lupa tetap tertib berlalu lintas," tutupnya.(palpos.id)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: