Arus Mudik Balik Idul Fitri 1444 H, Ada Diskon Tarif Tol Trans Sumatera

Arus Mudik Balik Idul Fitri 1444 H, Ada Diskon Tarif Tol Trans Sumatera

Ada diskon selama arus mudik balik di Tol Trans Sumatera-ilustrasi-linggaupo.co.id

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Kabar baik bagi pemudik yang dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya. Karena diskon tarif tol bukan hanya berlaku di Tol Trans Jawa namun juga di Trans Sumatera.

Informasi diberikannya diskon tarif tol trans Sumatera ini, seperti disampaikan Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro,  kepada awak media di Gedung DPR/MPR RI, Senin 10 April 2023.

Ia menjelaskan, bahwa saat ini sedang dikaji untuk memberikan diskon tarif tol kepada pemudik Lebaran Idulfitri 2023. Tol Trans Sumatera yang akan mendapatkan diskon tarif tersebut.

“Setelah itu kita akan minta minta persetujuan Kementerian PUPR,” kata Koentjoro, dikutip dari SUMEKS.CO, Selasa 11 April 2023

BACA JUGA:Arab Saudi Idul Fitri Bareng Muhammadiyah, Cek Faktanya

Menurut Kontjoro, ada dua ruas tol Trans Sumatera yang akan mendapatkan diskon tersebut.

Yakni Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka). Lalu yang kedua adalah tol Pekanbaru-Bangkinang.

Hanya saja untuk untuk besarannya, belum bisa diberikan saat ini. Sebab, keputusan pastinya akan berlaku pada 15 April nanti. “Itu jam deadlinenya,” kata dia.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono angkat bicara dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas Lebaran 2023.

BACA JUGA:Idul Fitri, Muhammadiyah Akan Laksanakan Salat Id di Lapangan Kurma Lubuklinggau

Pihaknya telah memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol sepanjang 2.624 km dan jaringan jalan nasional sepanjang 47.602 km. Saat ini tingkat kemantapan seluruh jalan tersebut mencapai 91,8 persen.

“Kemen PUPR akan memfungsikan sementara 6 ruas tol baru di Pulau Jawa dan 4 ruas tol di Sumatera,” jelasnya.

Sementara itu Menko PMK, Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa diskon yang diberikan, selama 4 hari. Yakni 2 hari di saat mudik, dan 2 hari di saat balik.

“Yaitu (diskon tol, red) 20 persen dimulai H-5 dan H-6 dan kemudian H+4 dan H+5,” kata Menko PMK dikutip dari DISWAY.ID, Jumat 7 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: