Simak, Pemkot Lubuklinggau Buka Penerimaan CPNS dan PPPK 2023

Simak, Pemkot Lubuklinggau Buka Penerimaan CPNS dan PPPK 2023

--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau saat ini sedang menyusun kebutuhan pegawai untuk mengusulkan formasi pada seleksi CPNS tahun 2023.

Hal itu disampaikan Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, Yulita Anggraini melalui Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Lubuklinggau, Deny Nofriansyah.

Selain itu, BPKAD pun masih akan menghitung berapa kesiapan anggaran Pemkot Lubuklinggau untuk perekrutan CPNS dan PPPK.

“Makanya, usulan belum kita sampaikan. Saat ini kita masih tahap rekon data dan menyusun dokumen untuk usulan kebutuhan pegawai,” ungkap Deny.

BACA JUGA:Tim Pengamanan PT PHML dalam Waktu 1 Bulan, Ringkus 3 Pencuri Sawit

Namun secepatnya, usulan kebutuhan pegawai ini akan mereka sampaikan karena deadlinenya sampai 30 April mendatang.

Sebelumnya, Menteri PANRB, Anas menyatakan pemerintah masih berupaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan melalui rekrutmen CPNS pada tahun 2023.

Pendaftaran CPNS diperkirakan akan dibuka pada Juni 2023 atau kuartal III dan penerimaan akan diselenggarakan secara selektif dan terbatas. Sementara itu, jadwal seleksi PPPK guru pada tahun 2023 telah ditetapkan.

Periode sanggah akan berlangsung dari 7 hingga 13 Februari 2023, sementara pengumuman kelulusan pasca sanggah akan dilakukan pada 20 hingga 21 Februari 2023.

BACA JUGA:Pedagang Keliling Dihadang Tim Sat Narkoba Polres Lubuklinggau, Ini yang Terjadi

Selanjutnya, pengisian daftar riwayat hidup nomor induk PPPK akan dilakukan dari 22 Februari hingga 13 Maret 2023.

Sementara usul penetapan nomor induk PPPK akan dilakukan dari 7 hingga 31 Maret 2023. Pengumuman seleksi guru PPPK akan dilakukan paling lambat pada 10 Maret 2023. Dengan demikian, calon pelamar dapat menyesuaikan jadwal mereka dengan baik.

Dalam ilustrasi seleksi PPPK guru tahun 2022, peserta seleksi diwajibkan mengikuti tahapan tes tertulis, tes wawancara, dan uji kompetensi.

Seperti dalam pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada umumnya, untuk pendaftaran CPNS 2023 melalui jalur sekolah kedinasan akan dilakukan melalui sistem seleksi CASN milik BKN, yaitu dengan melalui sscasn.bkn.go.id.

BACA JUGA:7 Resep Jajanan Buka Puasa ini Paling Favorit, Jadi Incaran Keluarga

Pasca pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di dalam rencana awal akan dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2023.

Kemudian, untuk jadwal seleksi lanjutan nantinya akan diatur instansi yang menaungi yaitu Kementerian Dalam Negeri.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, mengimbau kepada Kemendagri untuk segera menyiapkan semua dokumen persyaratan, pengumuman pendaftaran dan juga persiapan teknis dalam sistem pendaftaran yang sudah terintegrasi bersama pihak BKN.

“Dilengkapi dengan online help desk atau call center yang dikelola masing-masing kementerian,” sambung Menteri Azwar Anas.

BACA JUGA:Yuk Daftar! Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 Resmi Dibuka Hari Ini, Kuota 4.138 Formasi

Pelaksanaan seleksi CPNS 2023, lanjut Menteri Azwar Anas, seperti yang akan dilaksanakan melalui jalur sekolah kedinasan ini akan digelar secara transparan, objektif, serta tanpa korupsi, kolusi dan juga tanpa nepotisme. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: