Simak! Stop Minum Air Panas, ini Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Simak! Stop Minum Air Panas, ini Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Air panas-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

LINGGAUPOS.CO.ID - Minum air hangat atau panas setiap hari mungkin menawarkan lebih banyak manfaat.

Meski baru ada sedikit penelitian tentang manfaat minum air hangat, pendukung kesehatan alternatif berpendapat bahwa air hangat bisa meningkatkan kesehatan.

Tetapi, ada beberapa efek samping yang terjadi jika minum air hangat,lo!

Mungkin anda salah satu orang yang suka minum air panas. Minum kopi atau teh panas sering dilakukan orang.

BACA JUGA:Mudik ke Palembang Lebih Cepat, 15 April 2023 Jalan Tol Mulai Beroperasi

Banyak orang beranggapan, minum air panas, baik untuk tubuh. Padahal itu tidak benar. Minum air hangat disarankan ketimbang air panas. 

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Mengandung banyak kontaminan

Kebanyakan orang mengira air panas itu sangat murni, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Jika Anda minum air panas dari keran, kemungkinan besar air tersebut telah terkontaminasi.

BACA JUGA:Gudang Pengoplosan BBM Ilegal di OI Digrebek, Perputaran Uang Mencengangkan

Ini karena air panas melarutkan kontaminan lebih banyak daripada air dingin. Jika pipa terlalu tua dan berkarat, partikel timbal kemungkinan akan bercampur dengan air yang mengalir melalui pipa. Dianjurkan untuk menggunakan ketel untuk merebus air Anda demi keamanan.

2. Menyebabkan ketidakseimbangan konsentrasi air dalam tubuh

Studi telah membuktikan bahwa 55-65 persen sistem tubuh mengandung air. Minum air putih itu sehat karena menghidrasi tubuh dan membuang beberapa racun dalam tubuh.

Sering minum air panas, bahkan saat tidak haus bisa menyebabkan ketidakseimbangan konsentrasi air dalam tubuh, sehingga menyebabkan dehidrasi.

BACA JUGA:Daftar 12 Pejabat dan 12 Camat, Serta 5 Kepala Puskesmas di Musi Rawas yang Dilantik

3. Gangguan tidur

Terlalu banyak konsumsi air panas menyebabkan ketidakseimbangan dalam tidur Anda. Hindari minum air panas sebelum tidur karena akan mengganggu tidur Anda dengan sering buang air kecil.

4. Memberi tekanan pada ginjal

Ginjal memiliki sistem kapiler yang kuat yang mengeluarkan kelebihan air dan racun dari tubuh. Minum terlalu banyak air panas akan memberi tekanan pada ginjal dengan meningkatkan kecepatan fungsinya. Karena minum air panas menyebabkan dehidrasi, ginjal berisiko.

BACA JUGA:Ayo Ikuti Lomba Karya Tulis, Apkasi Adakan Anugerah Jurnalistik 2023, Cek Syaratnya di Sini

Ini juga akan meningkatkan beban kerja ginjal, sehingga menyebabkan organ ini bekerja terlalu keras. Ini pada akhirnya akan memengaruhi ginjal Anda.

5. Lecet/luka bakar dalam

Konsumsi air panas yang sering bisa menyebabkan luka bakar internal pada lapisan organ dalam sistem tubuh. Air panas bisa dengan mudah membakar atau melukai bibir, lapisan dalam mulut, dan lidah Anda. Pastikan Anda memeriksa suhu air sebelum minum. Lebih baik dikonsumsi hangat daripada panas.(fny/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: