Ramadan Tiba, ini Pesan Ketua PP Muhammadiyah dan PBNU

Ramadan Tiba, ini Pesan Ketua PP Muhammadiyah dan PBNU

Ilustrasi puasa ramadan-Pixabay/ mohamed_hassan-Pixabay/ mohamed_hassan--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama telah menetapkan awal Ramadan 1444 H pada Kamis 23 Maret 20203.

Menyambut Ramadan ini, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya sampaikan pesan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa puasa merupakan proses pembentukan ketakwaan yang secara ideal melahirkan spiritualitas utama dan luhur.

“Puasa tidak boleh hanya menjadi ibadah rutinas tahunan, tetapi mesti ada signifikansi peningkatan kualitas diri setiap umat Islam,” ujarnya dikutip dari muhammadiyah.or.id.

BACA JUGA:Sah, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Pada Kamis 23 Maret 2023

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf ia berharap seluruh Muslim di bulan penuh berkah ini senantiasa dalam lindungan dan pertolongan Allah.

"Semoga kita senantiasa dibawa bimbingan, lindungan, dan pertolongan Allah SWT sehingga kita bisa mencapai berkah sebesar yang disediakan Allah di bulan istimewa ini," tuturnya dikutip dari nu.or.id.

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap, dari hasil sidang isbat yang dilaksanakan dan disepakati, seluruh umat Islam Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan secara bersama-sama.

“Semoga ini menjadi simbol cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia. Kebersamaan ini juga mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita semua,” tambahnya.

BACA JUGA:Ulama 3 Mazhab Berpendapat Niat Puasa Ramadan Wajib Setiap Hari, Berikut Niat Puasa

Terakhir Yaqut Cholil Qoumas berharap Ramadan ini menjadi momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariyah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: