Jelang Ramadan, Warga Mulai Ziarah Kubur

Jelang Ramadan, Warga Mulai Ziarah Kubur

Sejumlah warga tampak sudah mengunjungi TPU Keramat Abadi yang bertempat di Jalan Cereme Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau, Jumat 17 Maret 2023 Pukul 08.00 WIB.-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Ziarah kubur sebelum puasa Ramadan merupakan salah satu tradisi yang kerap dilakukan umat Islam di Indonesia.

Selain sebelum puasa, umat Muslim di Indonesia juga kerap berziarah kubur saat momen lebaran.

Ziarah kubur dalam Islam merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW dan tak ada penentuan waktu khusus untuk melakukannya. Artinya, ziarah kubur bisa dilakukan kapan saja.

Sejumlah warga tampak sudah mengunjungi TPU Keramat Abadi yang bertempat di Jalan Cereme Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau, Jumat 17 Maret 2023 Pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA:6 Keutamaan Melaksanakan Puasa Ramadan 1444 H

"Bulan Sya'ban menjelang Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam karena akan banyak masyarakat yang datang untuk ziarah ke makam sanak familinya," kata Pengurus TPU Keramat Abadi, Ali.

Menurut Ali, dibandingkan dengan tahun 2022 kemarin, kedatangan para peziarah ke TPU Keramat Abadi mengalami peningkatan.

"Setiap hari saya mengurus TPU, seperti membersihkan dan menebas rumput dan lainnya," ungkapnya.

Ali mengaku tidak tidak menetapkan tarif tertentu sebagai jasa membersihkan makam dari keluarga yang berziarah ke TPU tersebut.

BACA JUGA:Bolehkah Berbuka Puasa dengan Takjil yang Diberikan Non Muslim

Seorang peziarah bernama Warti mengaku selalu berziarah ke TPU Keramat Abadi menjelang Ramadan.

"Ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi Kota Lubuklinggau sejak dulu ketika menyambut bulan puasa. Jika sedang senggang saya ke sini membersihkan makam orang tua dan keluarga saya,"ungkapnya.

Sementara itu seorang penjual bunga, Meli Yustika mengatakan,"Di TPU Keramat Abadi ini saya menjual bunga untuk warga yang berziarah kesini dengan harga Rp5 ribu per bungkusnya dan gratis air,"katanya.

"Alhamdulillah hari ini banyak berziarah dan membeli bunga disini dan sedikit menambah penghasilan saya menjelang puasa Ramadan,"tutupnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: