Ternyata, Gunakan Google Chrome Kuras Baterai Laptop loh, Begini Solusinya!

Ternyata, Gunakan Google Chrome Kuras Baterai Laptop loh, Begini Solusinya!

Google Chrome dikenal memakan banyak memori dari RAM.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Hampir semua orang menggunakan Google Chrome karena Google Chrome adalah salah satu browser terbaik untuk akses HP maupun laptop. 

Google Chrome dapat dikatakan sebagai salah satu browser dengan performa tercepat saat ini. Akan tetapi kecepatan itu harus dibayar mahal.

Agar secepat itu, Chrome harus menggunakan lebih banyak CPU daripada yang biasa digunakan oleh browser lain. Nah, jika penggunaan CPU-nya lebih banyak, maka akan menyebabkan baterai cepat terkuras habis.

Alhasil, laptop pun bisa cepat panas. Google Chrome dikenal memakan banyak memori dari RAM kita, apalagi jika kita mengoperasikan beberapa tab sekaligus.

BACA JUGA:Tips: Hindari Hacker, 5 Cara Mudah Ponsel Anda Tetap Aman

Hal ini pun dapat berdampak pada perangkat gadget terutama laptop dan PC. Bagi mereka yang menggunakan PC mungkin tidak akan terlalu terpengaruh, apalagi jika punya RAM besar.

Tapi, bagi mereka yang menggunakan laptop, maka berarti baterai Anda bisa terkuras dengan cepat. Namun, dengan Chrome 110, yang baru saja diluncurkan ke pengguna desktop, baterai Anda bisa lebih hemat.

Dilansir dari TechRadar, fitur Penghemat Memori/Memory Saver, yang pertama kali terungkap pada Desember 2022, akhirnya disertakan dalam update Chrome terbaru.

Fitur Ini berfungsi dengan mengidentifikasi tab yang tidak digunakan dan menghapusnya dari memori, secara efektif membuat tab ke dalam kondisi “idle” sampai Anda mengklik tab yang tidak aktif tersebut, yang kemudian akan “menghidupkan” kembali tab tersebut.

BACA JUGA:Kunker ke Muratara, Lubuklinggau dan Musi Rawas, Kapolda Sumsel Berikan Pesan ke Wartawan

Selain itu, Anda bisa membuat sebuah situs web tertentu tetap aktif dengan menambahkannya ke daftar situs aktif.

Ini berguna jika Anda sedang menjeda video di YouTube, membuka tab lain, lalu kembali ke tab YouTube, fitur ini akan mencegah video Youtube yang kita tonton diulang dari awal lagi.

Fitur lain, yang disebut Energy Saver, juga disertakan dalam update terbaru Chrome. Fitur ini membatasi aktivitas di belakang layar dan mengurangi efek visual, seperti pengguliran halus atau animasi situs web.

Selain itu Fitur Energy Saver juga dapat mengurangi kecepatan frame rate sebuah video. Dengan demikian, fitur tersebut akan membantu memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: