Format Play-off UEL 2023: Format knock-out, Syarat Lolos 16 Besar, Aturan Gol Away

Format Play-off UEL 2023: Format knock-out, Syarat Lolos 16 Besar, Aturan Gol Away

Liga Europa.-twitter.com/EuropaLeague-

LINGGAUPOS.CO.ID - Apa syarat lolos 16 besar UEL? Europa League 2022/2023 dengan Format play-off knock out akan menjadi pertemuan 8 tim peringkat 3 penyisihan grup Liga Champions lawan 8 runner-up grup Liga Europa. Laga ini bakal memperebutkan 1 tiket babak knock-out 16 besar Liga Europa. 

Dalam kasus Barcelona vs Manchester United yang di leg 1 imbang 2-2, apakah aturan gol away masih berlaku?

Di pekan lalu, Liga Europa 2022/2023 telah memainkan leg pertama babak play-off knock-out sebanyak 8 laga. Para pemenang play-off ini akan menantang juara penyisihan grup Europa League pada babak 16 besar. Total terdapat 16 tim yang mengikuti babak termasuk termasuk raksasa Eropa Barcelona vs Manchester United. 

Format knock-out Liga Europa dengan babak play-off baru diperkenalkan pada musim 2021/2022 tahun lalu. Format ini menggantikan sistem terdahulu UEL yang sebelumnya dimulai dari babak 32 besar. Hal ini juga bersamaan dengan hadirnya kompetisi baru level ketiga, UEFA Conference League.

BACA JUGA:Jadwal Timnas Putri Indonesia vs Timnas Putri Arab Saudi 2023 & Daftar Pemain

Format Play-off Knock-out Europa League 2023

Liga Europa sebelum musim 2021/2022 atau terakhir pada 2020/2021 menggunakan format 32 besar. Lalu format itu diganti dengan babak play-off yang mulai berlaku pada musim lalu.

Dengan format ini, fase penyisihan grup Liga Europa yang sebelumnya dibagi dalam 12 grup menyusut menjadi 8 grup saja. Dalam format baru tersebut, juara grup Liga Europa tidak memainkan babak play-off, melainkan menunggu di babak 16 besar. Babak play-off hanya diikuti 8 tim peringkat ke-3 Liga Champions yang melawan 8 runner-up grup Liga Europa.

Dalam aturan play-off knock-out Europa League, runner-up fase grup UEL tidak akan bertemu dengan sesama runner-up grup Europa. Hal sebaliknya berlaku untuk peringkat ke-3 fase grup Liga Champions.

Selain itu, tim dari liga domestik yang sama tidak akan saling bertemu. Misalnya, di tahun ini Juventus yang menempati peringkat ke-3 grup Liga Champions tidak akan bertemu AS Roma yang berstatus sebagai runner-up grup Liga Europa, lantaran keduanya sama-sama berasal dari Liga Italia. Aturan ini juga berlaku pada babak 16 besar nanti.

BACA JUGA:Prediksi Persija Jakarta vs Barito Putera: Macan Kemayoran Keropos, RD Siap Jegal Misi ke Puncak

Sama seperti babak knock-out lainnya, babak play-off dimainkan dengan sistem 2 leg. Tim dari Liga Champions akan memainkan leg 1 terlebih dahulu di kandang. Kemudian leg ke-2 dimainkan di kandang tim runner-up Europa.

Aturan babak play-off termaktub dalam Pasal 17 Regulasi Liga Europa tentang Sistem Pertandingan Gugur Babak Play-off yang berisi 4 ayat sebagai berikut:

1. Dalam play-off babak sistem gugur, delapan runner-up yang lolos dari babak penyisihan grup bergabung dengan delapan klub yang finis ketiga di babak penyisihan grup Liga Champions

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: