Wildcard, Bikin Dani Pedrosa Balapan Lagi

Wildcard, Bikin Dani Pedrosa Balapan Lagi

Dani Pedrosa.-Twitter.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Dani Pedrosa, ramai diperbincangkan belakangan ini karena dipastikan bakal kembali balapan di MotoGP. 

Pedrosa yang sudah pensiun pada akhir 2020, ia akan menjadi pembalap wildcard KTM Factory Racing di Jerez, Spanyol, pada 28-30 April 2023. Kok bisa?

Jatah wildcard dimiliki setiap pabrikan peserta MotoGP pada setiap musim. Dan diberikan kepada para pembalap naungan mereka yang tidak berpartisipasi secara reguler dalam balapan-balapan MotoGP.

Berdasarkan regulasi MotoGP, hanya pabrikan atau tim pabrikan yang diizinkan menurunkan pembalap wildcard yang mendapatkan dukungan teknis terbaik, termasuk motor pabrikan yang biasanya merupakan spek teranyar.

BACA JUGA:Prediksi Persis Solo vs PSS Sleman: Peluang Naik Peringkat

Seringnya, jatah wildcard diberikan kepada para test rider agar pabrikan bisa mengevaluasi berbagai perangkat baru secara optimal dalam sebuah pekan balap. Pasalnya, situasi pekan balap tentu sangat berbeda dari situasi tes.

Ada beberapa aturan atau syarat penting yang harus ditaati oleh para pabrikan peserta MotoGP jika mereka ingin menurunkan pembalap wildcard dalam sebuah balapan. Apa saja sih? Berikut ulasannya. Simak yuk!

  • Perizinan Wildcard MotoGP

Setiap pabrikan harus mengajukan permohonan jatah wildcard lewat IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional) ke Grand Prix Commission setidaknya 90 hari sebelum Grand Prix pilihan mereka digelar.

Grand Prix Commission kemudian akan memutuskan apakah permohonan ini bakal diterima atau tidak, dan lalu akan meneruskannya ke FIM (Federasi Balap Motor Internasional).

BACA JUGA:Suami di Palembang Suruh Istri Open BO Lewat MiChat, Pelanggan Datang Pura-pura Digerebek

Jumlah Jatah Wildcard MotoGP

  • Pabrikan non-konsesi: 3 wildcard per musim (tidak boleh diambil secara beruntun)
  • Pabrikan konsesi: 6 wildcard per musim (boleh diambil secara beruntun)

Sebagai catatan, MotoGP hanya memberikan dua izin wildcard per Grand Prix.

Beberapa Grand Prix pun berpotensi mendapatkan lebih dari dua permohonan wildcard. Siapa yang mendapatkan slotnya, tergantung keputusan Grand Prix Commission.

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas Larang Warga Buka Lahan dengan Membakar, Sebab Sudah Ada Alat Berat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: