Ada yan Tau? Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Ada yan Tau? Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Axolotl, ikan langka Meksiko yang terancam punah.-instagram.com-

BACA JUGA:Polisi Musi Rawas Bubarkan Balapan Motor, Ini Alasannya, Tidak Ada Hubungan dengan Surat Sebelah

Ciri-ciri fisik axolotl:

Dikutip dari BBC Science Focus Magazine, axolotl dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm, dari ujung hidung hingga ujung ekor, dengan berat badan sekitar 300 gram. 

Selain tubuh axolotl yang gemuk dan anggota badan yang pendek, terdapat surai di kepala axolotl dalam bentuk enam insang berbulu.

Insang tersebut, yang juga terdapat pada spesies amfibi muda lainnya, memungkinkan axolotl untuk mengekstrak oksigen dari air sehingga mereka bisa bernapas. 

Selain memiliki insang, axolotl memiliki paru-paru yang sangat kecil, yang terkadang digunakan untuk mengambil sedikit udara di permukaan. 

BACA JUGA:Di Muratara Sumatera Selatan Ada Desa yang Nyiapin Tempat Pakai Narkoba, Bayar Sewa Nggak? Ini Lokasinya

Makanan axolotl

Axolotl bisa memakan apa saja yang bisa mereka masukkan ke dalam mulut. Di alam liar, makanan axolotl termasuk cacing, serangga air tawar, krustasea, dan ikan kecil.

Axolotl juga hewan kanibal dan akan saling menggigit jika tidak ada cukup makanan yang tersedia. 

Axolotl yang dipelihara sebagai hewan peliharaan atau di penangkaran biasanya diberi makan cacing, udang, atau potongan ikan.

Karena axolotl memiliki gigi yang belum berkembang, mereka menggunakan metode 'vakum' untuk makan, yakni mengisap apa pun yang cukup ke dalam mulut mereka.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: