Ketika Hujan Turun, Membuat Kita Malah Mengantuk. Kok Bisa yah..?

Ketika Hujan Turun, Membuat Kita Malah Mengantuk. Kok Bisa yah..?

Menguap.-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Bagi seseorang yang mengalami insomnia, atau sulit tidur pada malam hari, hujan bisa membantunya lekas terpejam. Celakanya, saat beraktivitas, efek hujan juga memengaruhi keinginan untuk rebahan dan mengantuk.

Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. 

Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. 

Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara.

BACA JUGA:Selain Atasi Kemacetan, Tol Kapal-Betung Hemat Waktu dan DANA Beli BBM

BACA JUGA:Tol Kapal-Betung Selesai Juni 2023, Macet Palembang-Banyuasin Terselesaikan

Efek hujan, ternyata besar sekali pada aktivitas manusia. Menurut sains, efek hujan dan sering mengantuk hingga bikin pingin rebahan dibuktikan. Mengutip Sleep Health Group, Jumat, 24 Desember, ini alasan-alasan yang menyebabkan rasa kantuk pada saat hujan.

Apakah Anda sering mengantuk saat cuaca hujan? Jika ya, Anda tentu tidak sendirian. Banyak orang mengatakan, ketika hujan turun mereka cenderung akan mengantuk, bahkan bisa langsung tertidur.

Bahkan, orang kerap sering menggunakan rekaman suara hujan untuk membantu mereka tertidur di malam hari. Lantas, mengapa hujan memiliki efek ini pada manusia?

Ada beberapa alasan mengapa hujan bisa membuat kita mengantuk. Salah satunya adalah kurangnya sinar matahari. Ketika manusia terkena sinar matahari, maka tubuh kita melepaskan lebih sedikit melatonin dan lebih banyak serotonin.

BACA JUGA:Tidak Hanya Untuk Anak-anak, Mewarnai Bagi Orang Dewasa Ternyata Banyak Manfaatnya loh?

BACA JUGA:Sah, Prabowo dan Cak Imin Berpasangan di Pilpres 2024

Hal ini akan membuat orang merasa lebih segar dan terjaga. Sebaliknya, jika kurang serotonin karena tidak ada cahaya matahari saat hujan, maka orang cenderung lebih lemas dan mengantuk.

Kelembaban suatu hari hujan juga menjadi alasan mengapa kita mengantuk saat hujan. Saat hujan, udara di luar terasa “berat”.

Sumber: