Jika Bumi Tidak Memiliki Bulan, Hal Ini yang Akan Terjadi..!

 Jika Bumi Tidak Memiliki Bulan, Hal Ini yang Akan Terjadi..!

Bulan memiliki banyak fungsi untuk Bumi seperti, mengontrol pasang surut dan pemantul cahaya matahari di malam hari.-twitter.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Bulan adalah satelit alami bumi satu-satunya dan merupakan satelit terbesar kelima dalam tata surya. Dan bulan merupakan benda langit yang paling terang setelah matahari.

Meskipun bulan tampak sangat putih dan terang, permukaan bulan sebenarnya gelap, dengan tingkat kecerahan yang sedikit lebih tinggi dari aspal cair.

Sejak zaman kuno, posisinya yang menonjol di langit dan fasenya yang teratur telah memengaruhi banyak budaya, termasuk bahasa, penanggalan, seni, dan mitologi.

Bulan memiliki banyak fungsi untuk Bumi seperti, mengontrol pasang surut dan pemantul cahaya matahari di malam hari.

BACA JUGA:Pondok Sarang Narkoba di Tanah Periuk Musi Rawas Digrebek, 5 Orang Diamankan

Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya, dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa ​1/81 (1.23%) dari Bumi. Di antara satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat kedua setelah Io, satelit Jupiter.

Bulan berada pada rotasi sinkron dengan Bumi, yang selalu memperlihatkan sisi yang sama pada Bumi, dengan sisi dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat di antara dataran tinggi kerak yang terang dan kawah tubrukan yang menonjol.

Sebagian besar planet di tata surya kita memiliki setidaknya satu bulan dan ada beberapa planet, seperti Mars, Jupiter, dan Saturnus, yang memiliki bulan lebih dari satu. Jika dibandingkan dengan bulan-bulan di planet lain, bulan Bumi tergolong sangat istimewa.

Tanpa adanya bulan, kehidupan di Bumi akan jauh berbeda. Misalnya, pasang surut di Bumi akan jauh lebih lemah. Jika tidak ada bulan, air laut masih akan naik dan turun karena tarikan gravitasi matahari, tetapi hanya memiliki sekitar 40 persen dari kekuatan pasang aslinya.

BACA JUGA:Kamar Mandi Siti Nurbaya di Muba Disapu Arus Sungai Musi, Begini Nasib Penghuni Rumah

Jika Anda ke pantai, atau Anda tinggal di pesisir pantai, Anda tentu tahu bahwa air pasang sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari, pasang surut juga memainkan peran yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Aliran pasang surut membawa panas dari ekuator Bumi ke kutub. Tanpa bulan, Bumi mungkin akan memiliki iklim yang benar-benar berbeda dari sekarang. Jika hal ini terjadi pergerakan spesies di seluruh dunia saat ini akan sangat terbatas. Beberapa tumbuhan dan hewan yang hidup hari ini akan punah.

Jika bulan tiba-tiba menghilang hari ini, bintang-bintang akan terlihat jelas dari Bumi. Planet lain, hingga galaksi lain mungkin akan lebih mudah dilihat tapi, malam hari akan jauh lebih gelap.

Ini tentu akan memengaruhi orang-orang saat mereka bergerak di malam hari, tetapi akan sangat-sangat berdampak pada hewan nokturnal. Hewan yang berburu di malam hari, seperti burung hantu, akan lebih sulit menemukan makanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: