Supercopa de Espana: Prediksi Real Madrid vs Barcelona, Laga Adu Gengsi

Supercopa de Espana: Prediksi Real Madrid vs Barcelona, Laga Adu Gengsi

Supercopa de Espana,-twitter.com/SupercopaES-

LINGGAUPOS.CO.ID - Real Madrid sebagai juara bertahan akan menghadapi Barcelona akan berduel di King Fahd International Stadium pada babak final Supercopa de Espana 2022/2023. 

Pertandingan El Clasico Piala Super Spanyol antara Real Madrid vs Valencia ini menjadi kesempatan kedua tim merengkuh trofi musim ini. Rekor pertemuan El Clasico dalam 5 pertandingan terakhir mengunggulkan Madrid. Pun Los Blancos (julukan Real Madrid) punya catatan lebih baik dari Blaugrana (julukan Barcelona) di 5 partai Supercopa terakhir keduanya.

Adapun kedua tim ini sama-sama lolos ke final lewat adu penalti pada Kamis, 12 Januari 2023. Madrid bermain imbang 1-1 dengan Valencia sepanjang waktu normal dan extra time. Satu gol Madrid dicetak oleh Karim Benzema dari titik penalti. Setelah itu, Madrid menang adu penalti 4-3.

Situasi sama dihadapi Barcelona saat melawan Real Betis di semifinal pada Jumat, 13 Januari 2023. Gol-gol Robert Lewandowski dan Ansu Fati tak cukup bagi Barcelona untuk menyingkirkan Betis lewat waktu normal maupun extra time. Di babak adu penalti, Barcelona menang 4-2. 

BACA JUGA:Liga Inggris: Prediksi Tottenham Hotspur vs Arsenal, Penentu Penguasa London Utara

Pada edisi sebelumnya, Madrid dan Barcelona bertemu di semifinal. Waktu itu, Madrid mengalahkan Barcelona 3-2 lewat extra time. Madrid kemudian mengalahkan Athletic Bilbao 2-0 di final.

Musim ini, Madrid dan Barcelona sudah bertemu sekali, yakni di Santiago Bernabeu pada pekan ke-9 La Liga. Madrid memukul Barcelona 3-1. Tiga gol Madrid diciptakan oleh Karim Benzema, Federico Valverde, dan Rodrygo (penalti), sedangkan satu gol Barcelona dicetak oleh Ferran Torres.

Hanya saja, jelang pertandingan, situasi tim Barcelona bisa dibilang lebih prima dibandingkan Real Madrid yang datang tanpa dua pemain, yakni Aurelien Tchouameni dan David Alaba. Ditambah, di laga terakhir 3 pemain Madrid dikabarkan cedera dan diragukan tampil di final.

Sedangkan Barcelona nyaris tak kehilangan pemain dengan kembali mendapatkan jasa Robert Lewandowski selepas skorsing di beberapa pertandingan LaLiga Spanyol. Situasi jadwal pertandingan ke depan juga menguntungkan Barcelona.

BACA JUGA:BRI Liga 1: Prediksi Persija Jakarta vs Bali United, Duel Sengit

Prediksi Real Madrid vs Barcelona:

Barcelona berpeluang akan bermain lebih all out dalam laga final ini. Hal ini bisa saja terjadi dengan menilik fakta, bahwa Barcelona tak memiliki fokus lagi di Liga Champions musim ini lantaran tersingkir di fase grup dan terlempar ke Europa League. Selain itu, Blaugrana mengalami paceklik gelar selama 3 musim terakhir dengan hanya merengkuh 1 trofi Copa del Rey pada 2021 silam.

Jadwal pertandingan juga menguntungkan Barcelona. Pekan depan mereka bertemu tim divisi ketiga Liga Spanyol, AD Ceuta di Copa del Rey yang praktis membuat Barcelona lebih berpeluang melakukan rotasi pemain. Di Liga Spanyol, mereka ditantang dua tim papan tengah Getafe dan Girona, hingga penghujung Januari.

Pun kebugaran tim dipastikan dalam kondisi prima, tanpa pemain yang dikabarkan mengalami cedera. Keseriusan Barca dalam menatap Supercopa pernah diutarakan sang pelatih, Xavi Hernandez, jelang turnamen singkat ini. Ia yang awalnya sempat tak ingin terlalu berfokus pada Supercopa lantaran jadwal padat, kini justru berambisi memenangkan gelar Supercopa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: