Kanker Payudara: Kenali Ciri-Ciri dan Gejala dari Stadium 1 hingga 4

Kanker Payudara: Kenali Ciri-Ciri dan Gejala dari Stadium 1 hingga 4

Kanker Payudara.-twitter.com/-

LINGGAUPOS.CO.ID - Kanker payudara adalah jenis kanker yang terbentuk di jaringan payudara. 

Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya sehingga membentuk tumor atau benjolan.

Kanker payudara bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat dalam payudara.

Kanker payudara termasuk jenis kanker yang paling banyak dialami oleh perempuan setelah kanker leher rahim. Walau umum terjadi pada kaum hawa, kanker payudara sebenarnya tidak mengenal gender dan juga bisa menyerang pria.

BACA JUGA: Pencuri Motor di Lubuklinggau Sumatera Selatan Seret Pemilik Konter ke Penjara, Kronologisnya Menyedihkan

Kanker payudara seringkali sulit terdeteksi pada tahap awal karena ukurannya yang kecil. Benjolan baru dapat teraba jika ukurannya cukup besar.

Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara berarti kanker. Oleh karena itu, pemeriksaan sejak dini penting dilakukan guna memastikan apakah benjolan tersebut kanker atau bukan.

Menurut situs RSUD Kabupaten Nunukan, penyebab kanker payudara masih belum diketahui secara pasti.

Meski demikian, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara, yaitu:

  • Jenis kelamin, wanita lebih rentan terkena kanker payudara dibanding pria.
  • Faktor genetik atau ada riwayat kanker payudara dalam keluarga.
  • Faktor usia yang semakin tua.
  • Berat badan berlebih (obesitas)
  • Belum pernah hamil
  • Pernah melakukan terapi hormon
  • Melahirkan di usia tua
  • Menstruasi terlalu muda

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1-4

Menukil laman National Breast Cancer Foundation, kanker payudara sebenarnya memiliki 5 tahap atau stadium, yaitu dari stadium 0 hingga 5. Berikut penjelasan tiap stadium kanker payudara dan ciri-cirinya:

  • Kanker Payudara Stadium 0

Stadium 0 mengacu pada kanker payudara pra-invasif. Artinya, sel-sel abnormal dalam jaringan payudara sudah ada, tapi hanya terbentuk di saluran susu atau di lobulus (kelenjar penghasil susu). Pada stadium ini, sel abnormal tidak menyebar ke jaringan payudara yang lain.

  • Kanker Payudara Stadium 1

Stadium I adalah stadium awal dari kanker payudara invasif. Pada tahap ini, sel kanker mulai menyebar dari tempat asal terbentuknya (di saluran susu atau lobulus) ke jaringan di sekitarnya. Namun area penyebarannya masih relatif kecil.

Pada stadium I, terdapat tumor berukuran kurang dari 2 cm. Sel kanker juga tidak ditemukan pada kelenjar getah bening atau bagian tubuh lainnya.

  • Kanker Payudara Stadium 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: