Kutub Utara Vs Kutub Selatan, Mana yang Lebih Dingin?

Kutub Utara Vs Kutub Selatan, Mana yang Lebih Dingin?

Kedua kutub letaknya sama-sama di titik ujung bumi, yakni di utara dan selatan. -instagram.com-

BACA JUGA:Honor Datangkan Andika Mahesa di Ogan Ilir Sumatera Selatan Lebih Kecil dari Rhoma Irama dan Soneta Group

Menurut Woods Hole Oceanographic Institution, suhu Kutub Utara tidak lebih dingin dari kurib selatan yang suhu rata-rata tahunannya adalah -76F (-60C) dan -18F (-28.2C) di musim panas.

Mengapa Kutub Selatan lebih dingin? Antartika pada dasarnya adalah daratan yang dikelilingi oleh lautan, sedangkan Arktik dikelilingi oleh daratan.

Karena kapasitas panas air yang tinggi, lautan di bawah Kutub Utara agak memoderasi suhunya karena tetap pada suhu relatif konstan sekitar -1,11 derajat (30 derajat F) .

Antartika kering dan memiliki ketinggian yang signifikan (ketinggian rata-rata, menurut NASA, adalah 7.500 kaki). Dengan meningkatnya ketinggian, suhu umumnya menurun dengan laju sekitar 6,5 derajat C untuk setiap 1 km. Ini disebut tingkat lapse.

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan dan Kualitas, PDAM TBS MoU Bersama PT BCA Lubuklinggau

Kembali ke Kutub Utara, ada alasan lain mengapa Kutub Utara dingin. Biasanya, daerah kutub ini juga tertutup salju dan es yang sangat reflektif, yaitu mereka memiliki albedo yang tinggi.

Permukaan dengan albedo tinggi memantulkan lebih banyak energi Matahari daripada menyerapnya menjadi hangat.

Daerah Arktik dan Antartika juga sangat kering. Selama musim panas, tempat lembap seperti Florida bisa terasa lebih hangat karena efek gabungan suhu dan kelembapan.

Ini biasanya disebut sebagai Indeks Panas meskipun beberapa ilmuwan juga dapat menggunakan istilah seperti Suhu Semu atau Suhu Bola Bola Basah.

BACA JUGA:Enak Banget, Pria di OKI Sumatera Selatan ini Nganter Barang 4,3 Kg Dapat Upah Rp800 Juta

Musim dingin membawa kondisi yang lebih kering dan lonjakan penjualan losion. Polandia sangat kering. Faktanya, Kutub Selatan adalah benua terkering di Bumi. Dalam hal curah hujan, jumlah curah hujan sebenarnya rendah.

Faktanya, beberapa bagian Kutub Utara adalah gurun kutub dan menerima jumlah curah hujan yang hampir sama dengan gurun Sahara.

Lebih dari 50% curah hujan di Kutub Utara adalah hujan salju meskipun hujan dapat terjadi dalam keadaan yang jarang terjadi. Selama dua tahun terakhir, pemanasan abnormal telah menarik perhatian para ilmuwan.

Pada bulan November 2016, para peneliti dari Institut Perubahan Iklim Universitas Maine menunjukkan, dengan menggunakan alat ClimateReanalyzer yang benar-benar mengagumkan, bahwa Kutub Utara lebih hangat 20 derajat C (36 derajat F) daripada beberapa dekade terakhir (1979 sampai 2000).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: