Kutub Utara Vs Kutub Selatan, Mana yang Lebih Dingin?

Kutub Utara Vs Kutub Selatan, Mana yang Lebih Dingin?

Kedua kutub letaknya sama-sama di titik ujung bumi, yakni di utara dan selatan. -instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Kamu pasti udah familiar sama Kutub Utara dan Kutub Selatan, kan? Ituloh, suatu tempat di ujung utara dan selatan bumi yang dinginnya ngalahin gerobak abang es puter. Brrr.

Eits, tapi jangan salah, ya. Kutub Utara dan Kutub Selatan itu bukan layaknya kembar siam yang serba mirip, loh. Malah, sebenarnya mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Yuk, kita bahas bareng apa aja perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan! Let’s go.

BUMI kita ini memang memiliki dua kutub, yakni kutub Utara dan Kutub selatan. Kutub Utara adalah titik paling utara BUMI. Kebalikannya, Kutub Selatan adalah titik paling selatan BUMI

Jadi selain sama-sama dingin, kedua kutub ini letaknya sama-sama di titik ujung bumi, yakni di utara dan selatan. Di antara keduanya, Kutub Selatan memang jauh lebih dingin dibandingkan dengan Kutub Utara. 

BACA JUGA:Pelaku Pedofil di Lahat Ditangkap Tim Siber, Begini Pengakuan Tersangka, Kenali Ciri-cirinya

Oh iya, daerah di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan ini punya nama panggilan juga, loh. Kamu pasti pernah dengar kan, Arktika dan Antartika? Nah, Kutub Utara disebut juga sebagai Arktika, sedangkan Kutub Selatan disebut juga sebagai Antartika. Penamaan ini ada asal-usulnya, loh.

Arktika berasal dari kata arktos yang dalam bahasa Yunani artinya “beruang”. Ini karena konstelasi beruang besar atau ursa major yang selalu terlihat di langit daerah Kutub Utara. Sedangkan Antartika artinya adalah “tidak ada beruang”. Ini diambil dari kata yang sama, hanya saja ditambahkan kata anti yang artinya berlawanan, makanya jadinya Antartika, deh.

Meskipun tidak kalah dingin, Kutub Utara memang masih bisa ditinggali. Berdekatan dengan negara bagian utara seperti Rusia, Norwegia, dan Amerika Serikat (Alaska). Sementara Kutub Selatan karena berdekatan dengan Samudra Arktik, tidak bisa ditinggali.

Tapi, kenapa sih Kutub Utara bisa dingin? Nah untuk menjawab itu, simak ulasan berikut, seperti dilansir dari Forbes, Rabu 11 Januari 2023. Kutub Utara menjadi dingin karena wilayah tersebut tidak menerima sinar Matahari langsung.

BACA JUGA:Kamu Calon PPS yang Lolos ke Tahap Wawancara? Cek di Sini Kisi-Kisi Tesnya!

Bahkan selama musim panas, matahari relatif rendah di cakrawala sementara pada musim dingin, Matahari tidak muncul sama sekali.

Faktor-faktor ini disebabkan oleh kemiringan sumbu Bumi. Kemiringan sumbu yang sama ini juga membantu menentukan musim kita. Selain itu, sinar Matahari harus melewati lebih banyak atmosfer Bumi di sudut Kutub Utara.

Di wilayah tropis, sinar Matahari melewati lebih sedikit atmosfer dan lebih langsung. Sebagai contoh, ambil sebuah senter dan pegang kurus ke bawah (Tropis) dan miring (Polandia). Perhatikan seberapa luas sinar yang memancar.

Faktor-faktor ini memberikan jawaban sederhana mengapa dingin di Kutub Utara. Sementara untuk jawaban yang lebih kompleks, suhu rata-rata tahunan di Kutub Utara adalah -40F (-40C) di musim dingin dan 32F (0C) di musim panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: