5G Bisa Buat Apa Aja Sih?

5G Bisa Buat Apa Aja Sih?

Sinyal 5G.-twitter.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - 5G adalah teknologi seluler yang merupakan evolusi dari Teknologi 4G LTE, yang secara teori dapat mencapai data rate (kecepatan data) lebih cepat, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Data rate: Jumlah traffic/transaksi yang dinikmati pelanggan pada satu waktu.

5G mendukung Internet untuk Segala (IoT), artinya pabrik dapat menghubungkan beberapa ribu perangkat pintar secara nirkabel, seperti kamera dan sensor untuk mengumpulkan data secara waktu nyata dan otomatis.

Sebagaimana awal munculnya 4G, kehadiran 5G merupakan perubahan baru yang signifikan dan merubah pola hidup atau aktifitas manusia modern saat ini. Kenapa? 

BACA JUGA:

Dengan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah, implementasi 5G diprediksi tidak hanya akan berimbas pada teknologi yang terkait smartphone saja, melainkan hampir di semua bidang. 

Berikut ini beberapa bidang atau cakupan dari penerapan teknologi 5G yang sudah bisa Anda nikmati.

Internet of things (IoT)

IoT secara sederhana dapat digambarkan dengan terhubungnya multi perangkat yang saling berbagi data atau berbagi akses secara ril dengan memanfaatkan jaringan internet.

Teknologi IoT ini sudah diterapkan dalam berbagai bidang seperti militer, transportasi, industri dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Realme 10 Pro 5G Rilis, Ponsel 5G Mengusung Kamera 108 MP

Dengan kehadiran teknologi 5G, teknologi wireless yang selama ini diusung IoT akan semakin berkembang.

Kombinasi antara 5G dan IoT diprediksi akan menciptakan berbagai kemajuan teknologi seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan otomasi mesin pabrik misalnya.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: