Penemuan Kepler-138: Planet dengan Kandungan Air Melimpah

Penemuan Kepler-138: Planet dengan Kandungan Air Melimpah

-ilustrasi.-

LINGGAUPOS.CO.ID - Selain bumi, para peneliti telah melakukan serangkaian misi penjelajahan alam semesta.

Hal ini dilakukan guna mencari planet baru yang bisa dijadikan tempat bermukim. Belum lama ini, misi penjelahan alam semesta telah mengalami kemajuan penting.

Penemuan zat H2O atau air — terutama air dalam wujud cairan; di suatu planet merupakan hal penting yang diburu dalam misi penjelajahan alam semesta. 

Keberadaan air adalah salah satu indikasi bahwa tempat tersebut mampu mendukung kelangsungan makhluk hidup, di antaranya karena air menandakan bahwa suhu planet cukup stabil dan terdapat lapisan ozon yang menjaga agar air tetap berada di permukaan planet.

BACA JUGA:List Drama Korea Terbaru Tahun 2023 yang Wajib Kamu Tonton..!

Para peneliti menemukan bukti keberadaan dua planet yang mereka sebut sebagai ‘water world’ alias ‘planet air’, dimana air membentuk sebagian besar dari keseluruhan massa planet tersebut.

Dua planet yang dijuluki water world oleh ilmuwan ini terletak di dalam gugusan planet pada konstelasi Lyra, yang berjarak 218 tahun cahaya dari Bumi. Planet-planet ini mengorbit pada sebuah bintang katai merah (red dwarf star), tipe bintang yang menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA) memiliki ukuran paling kecil dibandingkan ukuran bintang lainnya.

Bintang katai merah diketahui memiliki suhu lebih rendah dibandingkan jenis bintang lainnya dan merupakan satu-satunya jenis bintang yang mampu bertahan hidup hingga triliunan tahun lamanya.

Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Astronomy pada pertengahan Desember ini dilakukan oleh sebuah tim peneliti lintas universitas yang dipimpin oleh Caroline Piaulet dari Institute for Research on Exoplanets di University of Montreal.

BACA JUGA:Melihat Steam Replay 2022 dan Men-share ke Medsos

Dalam melakukan risetnya, tim peneliti menggunakan teleskop antariksa Hubble dan Spitzer milik NASA yang biasa digunakan untuk mengamati gugusan planet yang letaknya jauh dari Bumi.

Gugusan planet yang diamati kali ini adalah Kepler-138. Dinamakan Kepler karena gugusan planet ini terletak di dalam bidang pengamatan pesawat ruang angkasa Kepler milik NASA yang mengorbit sejak tahun 2009 hingga 2018.

Selama mengorbit, Kepler telah mengumpulkan data mengenai keberadaan lima ratus ribu bintang dan lebih banyak lagi eksoplanet (istilah untuk menyebut planet yang terletak di luar tata surya kita) yang mengorbit di sekelilingnya.

Dalam riset ini, para ilmuwan mengamati dua buah eksoplanet yang terletak di gugusan Kepler-138, yaitu planet Kepler-138 b, Kepler-138 c dan Kepler-138 d. Dua planet di antaranya (Kepler-138 c dan Kepler-138 d) menarik perhatian pada peneliti untuk melakukan pengamatan ulang demi mencari tahu jenis materi pembentuk planet tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: